The Comparison of Multi Representation Based Module and Text Books on Black Principle Material in Physics Learning Reviewed from Student Retention
Abstract
Keyword: Multi representation-based module, textbooks, student retention.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, D.E.F., Lesmono, A.D. & Subiki. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Disertai Multirepresentasi pada Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya di SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika-Fakultas FKIP Universitas Jember, 2(1), 1-6.
Eliyanti. (2018). Pengembangan Handout Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Pada Materi Bioteknologi Siswa MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Tesis. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Fatmala, N.E., Nyeneng, I.D.P., Suana & Wayan. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 21-25.
Ghaderi, V. & Afshinfar, J. (2014). A Comparative Study of the Effects of Animated versus Static Funny Pictures on Iranian Intermediate EFL Students’ Intake and Retention of Idioms. Journal Joint Reserch Social and Behavioral Sciences, 9(8), 522–531.
Hamid, A. (2013). Statistika Dasar. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.
Hikmawati, V.Y. (2017). Profil Retensi Pengetahuan Siswa Sma Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Melalui Metode Membaca SQ5R. Jurnal Bio Educatio, 2(1), 55-63.
Khairunnisak. (2018). Retensi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Di Kelas XI MAN Model Banda Aceh. Tesis. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Masrinur. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Diagram Roundhouse serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Peserta Didik pada Materi Interaksi Makhluk Hidup di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Tesis. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Pratiwi, R.I., Nyeneng, I.D.P. & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 69-79.
Purwanti, A., Sutopo, S. & Wisodo, H. (2017). Penguasaan Konsep Materi Kinematika pada Siswa SMA Kelas X dengan Menggunakan Pembelajaran Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(4), 575-578.
Rafika, E., Ahmad Fauzi, Ramli. (2015). Analisis Media Pembelajaran Dalam Penyusunan Buku Teks Fisika SMA Terintegrasi Bencana Alam. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Fisika, 193-198.
Setiyawan, D., Indrowati, M. & Nurmiyati. (2016). Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Berbantu Peta Konsep Dan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Pemahaman Konsep Materi Protista Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 51-55.
Simanihuruk, L. (2017). Pengaruh Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SD Sw. Betania Medan. Jurnal Unimed, 7(2), 191-199.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Usman, H. & Akbar, P.S. (2006). Pengantar Statistik Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Verlina, A.A., Ertikanto, Chandra. & Wahyudi, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Hukum Gravitasi Newton Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 82-93.
Yusriati. (2018). Analisis Hubungan Miskonsepsi Peserta Didik dengan Buku Teks dan Motivasi Belajar pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia di Kelas Lintas Minat Biologi SMA di Kota Banda Aceh. Tesis. Universitas Syiah Kuala: Banda Aceh.
Yusrizal. (2016). Pengukuran & Evaluasi Hasil dan Proses Belajar. Yogyakarta: Pale Media Prima.
DOI: https://doi.org/10.24815/ajse.v2i1.14796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 mirzatullah mir mirzatullah, A Halim, Abdul Hamid
Asian Journal of Science Education
ISSN 2715-5641 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/ajse
Email : ajse@unsyiah.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats