HUBUNGAN REINFORCEMENT KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Fara Fichria, Fithria Fithria, Yuni Arnita

Abstract


Stigma negatif yang berkembang di kalangan masyarakat terhadap ABK mempengaruhi dukungan keluarga khususnya orang tua kepada anak, berdasarkan data dari Kemendikbud (2009) hanya 14,4% ABK berada di institusi seperti sekolah, panti dan lembaga kesejahteraan anak. ABK juga mampu berprestasi baik pendidikan formal maupun informal jika memperoleh dukungan dari lingkungan sekitar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan reinforcement yang diberikan keluarga dengan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation dengan desain  cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah semua ibu dari 202 siswa di SLBN Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 ibu. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala Likert. Hasil penelitian ini didapatkan terdapat hubungan antara reinforcement yang diberikan orang tua dengan prestasi ABK di SLBN Kota Langsa dengan nilai p-value = 0,030. Disarankan kepada pihak sekolah agar memberikan pelatihan kepada orang tua terkait pentingnya pemberian reinforcement kepada anak sehingga anak akan merasa dihargai yang tentunya akan berdampak pada prestasi belajar.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52199/inj.v13i1.22571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail: inj@unsyiah.ac.id


indexed by:

DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR

Lisensi Creative Commons
Idea Nursing Journal (INJ) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License