PENGARUH DANA PERIMBANGAN, PENDAPATAN SENDIRI DAN PENERIMAAN PEMBIAYAAN TERHADAP BELANJA MODAL (Studi pada Pemerintahan Kabupaten/Kota di Aceh)

Panetir Bungkes, Nadirsyah, Syukriy Abdullah.

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Dana Perimbangan, Pendapatan Sendiri dan Penerimaan Pembiayaan terhadap Belanja Modal baik secara simultan maupun parsial pada pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh. Metode yang digunakan adalah studi pengujian hipotesis dan sensus. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pemerintahan Kabupaten/Kota di Aceh yang berjumlah 23 Kabupaten/kota yang terdiri 19 Kabupaten dan 4 Kota. Data diperoleh dari Dinas Keuangan Aceh (DKA) Pemerintahan Aceh, Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Provinsi Aceh dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh tahun 2009-2013. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu dengan menggunakan program SPSS 18.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dana Perimbangan, Pendapatan Sendiri dan Penerimaan Pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal secara simultan, sedangkan secara parsial Dana Perimbangan dan Penerimaan Pembiayaan berpengaruh terhadap Belanja Modal. Pendapatan Sendiri tidak berpengaruh terhadap Belanja Modal.

 Kata kunci : Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli daerah (PAD), Penerimaan Sisa Lebih Pembiayaan (SiLPA), dan Belanja Modal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office

 

Jurnal Akuntansi 

Jalan. Tgk Chik Pante Kulu No. 5 Komplek Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh 23111. Telp : (0651) 7407659, 7555110, Fax : (0651) 7551002.Cp:+62-85277963816. Website: www.pps.unsyiah.ac.id
e-mail: sjmpascasarjana@gmail.com

 

e-ISSN: 2302-0164