MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

Cut Putro, Murniati, Bahrun

Abstract


ABSTRACT: Teacher is the main component in education system because teacher can influence a quality of educational process and outcomes. This research aimed to find out the lesson plan, learning implementation, learning evaluation, and supporting and inhibiting factors in improving students’ creativity. Research approach used was qualitative with descriptive method. Data was collected through interview, observation, and study documentation. Research subjects were principal, vice principal in curriculum, Art and Culture teachers, and students. The results showed that: (1) planning was formulated based on curriculum 2013 and there were still some corrections to be improved. Planning was formulated by teachers in teaching administration such as syllabus, lesson plan, teaching and learning activities, annual program, semester program, effective time, and item analysis. (2) Learning implementation carried out by Art and Culture teacher was not implemented as stated in lesson plan. (3) Leaning evaluation of Art and Culture subject was disorganize and assessment was not based on the follow up program. (4) The supporting factor of learning Art and Culture subject in improving students’ creativity was the internal factor from student itself. The inhibiting factors were insufficient facilities and infrastructures and there were two curriculum used; school curriculum and Salafi Curriculum.

Keywords: learning management, students’ creativity, art and culture

ABSTRAK: Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kreativitas peserta didik.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru seni budaya serta peserta didik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan dirumuskan sesuai dengan kurikulum 2013 tetapi masih perlu perbaikan lagi untuk menuju ke arah yang baik. Perencanaan dirumuskan oleh guru dalam administrasi pengajaran seperti silabus, RPP, PBM, program tahunan, program semester, minggu efektif, analisis butir soal. (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru seni budaya belum sepenuhnya sesuai dengan yang tertulis dalam perencanaan pembelajaran, tetapi dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah ini berhasil meraih prestasi yang mengharumkan nama sekolah.  (3) evaluasi pembelajaran seni budaya tidak terarah sebagaimana yang telah diprogramkan, Penilaian yang dilakukan oleh guru tersebut  tidak dilakukan berdasarkan program tindak lanjut dan terkesan direka-reka. (4) faktor penunjang pembelajaran seni budaya dalam meningkatkan kreativitas peserta didik ini ialah faktor internal dari peserta didik sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya ialah sarana dan prasarana yang kurang memadai, pelaksanaan dua kurikulum, yaitu kurikulum Nasional dan Kurikulum Salafi.

Kata kunci: manajemen pembelajaran, kreativitas peserta didik dan seni budaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

 

Jurnal Administrasi Pendidikan

Jalan. Tgk Chik Pante Kulu No. 5 Komplek Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh 23111. Telp : (0651) 7407659, 7555110, Fax : (0651) 7551002.Cp:+62-85277963816. Website: www.pps.unsyiah.ac.id
e-mail: sjmpascasarjana@gmail.com

 

e-ISSN: 2302-0156