PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI KETERAMPILAN ANYAMAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA SMP NEGERI 4 TIMANG GAJAH

. Sumarni, Anizar Ahmad, Rosmala Dewi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada Materi Keterampilan Anyaman di SMP Negeri 4 Timang Gajah Kecamatan Bener Meriah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis data deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 25 orang. Untuk mengetahui minat dianalisis dengan menggunakan Skala Likert dan hasil belajar dengan presentasi frekwensi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Terjadi peningkatan minat siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I rata-rata minat siswa sebesar 2.88 (kategori Sedang), selanjutnya pada siklus II rata-rata minat siswa sebesar 3.00 (kategori Baik) dan pada siklus III rata-rata minat siswa sebesar 3.11 (kategori Baik). Hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Timang Gajah dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terjadi peningkatan baik secara individual maupun secara klasikal pada materi Kerajinan Anyaman. Pada siklus I secara klasikal 76% sedangkan secara individual 73%, Siklus II secara klasikal 84% sedangkan secara individual adalah 82% dan pada siklus III secara klasikal 85% dan secara individual 85%.

 Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Minat Belajar, Kooperatif Tipe Jigsaw

ABSTRACT

 

This study aims to determine whether using the jigsaw type of cooperative learning method can increase student interest and learning outcomes in Matting Skills Material at SMP Negeri 4 Timang Gajah, Bener Meriah District. The type of research is classroom action research with descriptive data analysis. The research subjects were 25 students of class VII. To find out interest was analyzed using a Likert Scale and learning outcomes with frequency presentation. Based on the results of data analysis, it can be concluded that: There was an increase in student interest with the application of jigsaw cooperative learning in the first cycle the average student interest was 2.88 (Medium category), then in the second cycle the average student interest was 3.00 (Good category) and in the second cycle the average student interest was 3.00 (Good category) cycle III the average student interest is 3.11 (good category). The learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 4 Timang Gajah with the application of the Jigsaw type cooperative learning method increased both individually and classically in the material of Woven Crafts. In the first cycle classically 76% while individually 73%, classically cycle II 84% while individually is 82% and in the third cycle classically 85% and individually 85%.

 Keywords: Improvement, Learning Outcomes, Interest in Learning, Jigsaw Cooperative Type.

 



Full Text:

PDF

References


Darsono, Max. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Dalyono. M. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Gunarso, S.D., Gunarso Y.D., 1995. Psikologi Perawatan. Jakarta. BPK Gunung Mulia

Hulock, B. 2005. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika

Muhibbin, S. 2006.Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uzer Usman, Moh. 2005. Menjadi guru Profesional. Edisi kedua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi :

Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia. Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Kampus Universitas Syiah Kuala.

E-mail               : jurnalbusanabudaya@gmail.com

Website             : http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBB