PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI METABOLISME

Nazar Muhammad, Djufri Djufri, Muhibbuddin Muhibbuddin

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang  penerapan model concept attainment terhadap hasil belajar   siswa pada materi metabolisme. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui  pengaruh penerapan model concept attainment terhadap peningkatan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme. Penelitian ini dilakukan sejak bulan September sampai dengan November 2013. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen dengan desain  pretest postest control group design. Instrumen yang  digunakan adalah Rencana Program pembelajaran (RPP), soal pemahaman konsep, soal keterampilan proses`sains, soal kemampuan berpikir kritis, pedoman observasi, dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Data peningkatan hasil belajar berupa gain ternormalisasi (N-Gain). Perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan independent sample t-test. Hasil penilitian ini  menunjukkan bahwa penerapan model concept attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme

Keywords


Concept attainment; result study; metabolisme

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office

Department of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Syiah Kuala

 

Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111

Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id

 

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter

 

Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing by:

More abstracting & indexing ...