Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di SMPN 1 Indrapuri

Tati Yulia Fitri, Hasanuddin Hasanuddin, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan LKPD hasil pengembangan berbasis inkuiri terbimbing, peningkatan pemahaman konsep. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2016. Metode yang digunakan experimental dengan jenis penelitian pengembangan. Rancangan penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 48 peserta didik dari dua kelas.. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis dengan uji independent sample t-test dengan bantuan
SPSS 17.0 for windows pada taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat digunakan dengan persentase validitas 88.33%. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung 0.163 > ttabel 0.05 dengan persentase peningkatan pemahaman konsep mencapai 85.53%. Dapat disimpulkan bahwa
pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat digunakan, dan dapat meningkatkan pemahaman konsep.

Kata Kunci: Pengembangan, LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Pemahaman Konsep.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.