PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNINGMELALUI MEDIA INTERAKTIF PADA KONSEP INDRA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL SIGLI

Malia Safriani, Abdullah Abdullah, Khairil Khairil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam belajar melalui media interaktif dengan pengembangan model pembelajaran discovery learning pada materi sistem indera manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei sampai dengan bulan juni 2014. Metode yang digunakan adalah metode one class eksperimen dengan menggunakan lembar observasi dan lembar unjuk kerja. Penelitian ini menggunakan kelas IPAA (n=31) sebagai kelas eksperimen. Penerapan model pembelajaran discovery learning dianalisis dengan menggunakan rubrik unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen, jadi terlihat siswa mengalami peningkatan kreativitas belajar menjadi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning melalui media interaktif dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Keywords


Model Pembelajaran Discovery Learning,Media Interaktif, Kreativitas, dan Sistem Indera

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.