PENGARUH PEMBERIAN PAKAN HAMA PADI TERHADAP PERTUMBUHAN BULU EKOR ANAK BURUNG WALET SARANG PUTIH (Aerodramus fuciphagus)

Said Nazaruddin, Abdullah Abdullah, Ali Sarong

Abstract


Burung walet (Aerodramus fuciphagus) merupakan burung pemakan serangga dan sarangnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertumbuhan panjang bulu ekor anak burung walet di Gampong Simpang Peut Kabupaten Nagan Raya Aceh Indonesia. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah model rancangan acak lengkap dengan dua perlakuan yaitu P1 = wereng
dan P2 = belalang. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga ulangan dan di setiap ulangan terdiri dari tiga individu anak burung walet. Analisis data dilakukan dengan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncans.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan hama wereng dan belalang tidak berbeda berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap pertumbuhan panjang bulu ekor anak burung walet. Kesimpulannya, pemberian pakan hama padi yaitu wereng dan belalang tidak mempengaruhi pertumbuhan panjang bulu ekor anak burung walet.
Namun, pemberian pakan belalang terlihat sedikit lebih meningkat dari pada pemberian pakan wereng.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.