KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU BIOLOGI DI BANDA ACEH

Vivi Yunisa Harahap, Hasanuddin Hasanuddin, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi profesionalisme guru biologi di Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2015. Metode penelitian merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Biologi di SMA Negeri 2 dan MAN 2 Banda Aceh yang berjumlah 7 guru biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar angket kompetensi
profesionalisme guru sesuai dengan Standar Kompetensi Guru Mata Pelajaran dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil analisis persentase
kompetensi profesionalisme guru biologi menunjukkan kompetensi inti menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu sebesar 87,11% (sangat baik), kompetensi inti menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu sebesar 90,46% (sangat baik), kompetensi inti mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif 89,28% (sangat baik), kompetensi inti mengembangkan keprofesionalannya secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif sebesar 87,69% (sangat baik), dan kompetensi inti memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebesar
80,36% (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian adalah kompetensi profesionalisme guru biologi di Banda Aceh berada pada kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.