HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALAMI DIPANDU MODUL PADA SUBMATERI INVERTEBRATA DI MAS BABUN NAJAH KOTA BANDA ACEH

Miftahul Khairi, Ali Sarong, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media alami dipandu modul. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Babun Najah Kota Banda Aceh pada tanggal 15 Februari sampai 22 Februari tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan rancangan pretest-posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas Xmia-3 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis data mengetahui hubungan keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa menggunakan perhitungan korelasi Product Moment Pearson, dengan bantuan SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian hubungan keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa r=0,87. Simpulan diperoleh antara
keterampilan proses sains dan hasil belajar memiliki hubungan yang kuat melalui pemanfaatan media alami dipandu modul pada sub materi invertebrata di MAS Babun Najah Kota Banda Aceh.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.