ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 5 KOTA BANDA ACEH

Cut Ratna Dewi, Abdullah Abdullah, Safrida Safrida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi peserta didik pada pelajaran biologi materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 5 Kota Banda Aceh mulai bulan Nopember 2015 hingga Mei 2016. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA di SMAN 5 Kota Banda Aceh yang berjumlah 105 orang peserta didik. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIA3 dan XI MIA4 yang berjumlah 49 orang peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik berbentuk Three Tier Test yang dilengkapi dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi pada keseluruhan konsep pada materi sistem peredaran darah. Sub konsep yang paling banyak menimbulkan miskonsepsi pada peserta didik adalah golongan darah (54,17%), dan yang paling sedikit adalah sub-konsep mekanisme pembekuan darah (37,50%).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.