PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH

Dewi Erianti, Khairil Khairik, Safrida Safrida

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dipadu media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem endokrin.
Penelitian ini dilaksanakan di MAS Babun Najah Kota Banda Aceh pada April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes untuk menilai keterampilan
berpikir kritis berupa soal berbentuk uraian dan tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa.
Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa > yaitu untuk keterampilan berpikir kritis 4,470
> 2,01 dan hasil belajar siswa 3,968 > 2,01. Simpulan model pembelajaran problem posing dipadu media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.