HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA KINEMATIKA ANALISIS VEKTOR DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

Musdar Musdar

Abstract


There are several factors that cause learning physics student achievement scores are low, one of which was the lack of mathematical skills possessed by students. Physics as one of the fields of study abstract is more easily understood and solved the problem when used concepts shaped mathematical physics. In this case the math skills used in solving problems on kinematics material Vector Analysis. In other words, the relationship between mathematical ability and academic achievement of students in solving physics problems on kinematics material Vector Analysis. The purpose of this study was to determine the relationship between mathematical skills with student achievement in problem solving on kinematics material Vector Analysis in SMAN 4 Banda Aceh. The data collection is done by means of documentation and test physics problem. Data analysis using product moment correlation and t-test. The results of data analysis showed prices and t_hitungr_xy = 0.765 = 5.17. At the significant level α = 0.05 with degrees of freedom df = (N-2) = 29, then from the distribution list obtained t_tabel t = 2.09. Can be explained that Ho is rejected if t_hitung>t_tabel (5.17> 2.09) and Ha accepted. Thus, there is a significant positive relationship between mathematical ability and academic achievement of students in solving problems on kinematics material Vector Analysis in SMAN 4 Banda Aceh.

Keywords


Relationships, Mathematical Ability, Achievement, Kinematics Vector Analysis

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ag, Moch. Masykur Dan Abdul Halim Fathani. 2008. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak Dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Aini, Taibatul. 2012. Korelasi Antara Nilai Matematika Dengan Fisika Pada Siswa Kelas XI SMAN 11 Banda Aceh. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Akbar Hawadi, Rena. 2001. Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal Sifat, Bakat, Dan Kemampuan Anak. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikonto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, Djamarah. 2008. PsikologiBelajar. Jakarta: RinekaCipta.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains SMA. Depdiknas: Jakarta.

Gardner, Howard. 2003. Multiple Intelligences Kecerdasan Majemuk Teori Dalam Praktek. Batam: Interaksara.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Handayani, Sri. 2010. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (MI) Pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI IPA Di MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2010/201, Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intelligences: Pengalaman New City School Di ST. Louis Dalam Menghargai Aneka Kecerdasan Anak (diterjemahkan dari : Becoming A Multipleintelligence School). (Terjemahan Ary Nilandari). Bandung: PT Mizan Pustaka.

Irianti, Mitri. 2008. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Tingkat Penguasaan Mahasiswa Dengan Menggunakan Prosedur Heuristik Pada Pembelajaran Fisika Dasar I. Jurnal Sosiohumaniora Vol.10 No. 3. Lembaga Penelitian Universitas Padjajaran: Bandung.

Jayantika, Triana dkk. 2013. Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Di Kabupaten Buleleng. Tesis. Singaraja: Undiksha.

Lukyto, Tatas. 2009. Hubungan Antara Kemampuan Dasar Matematika Dan Kebiasaan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Fisika Pada Bab Cahaya Siswa SMP Negeri 3 Ponorogo. UNM. Malang.

Mukhidin. 2011. “Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Operasi Vektor Mata Pelajaran Fisika”. Makalah ini disajikan pada sidang skripsi program pendidikan fisika IAIN Walisongo, Semarang, 14 desember 2011.

Olivia, Femi. 2011. Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Purwanto, Andik. 2012. Kemampuan Berfikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu Dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:Bengkulu.

Putri, Rahayu. 2012. Korelasi Antara Nilai Matematika Dengan Nilai Fisika Dalam Konsep Differensial Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Rahman S, Abdul dan Abdul W, Muhib. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R. 2000. KiatBelajarmatematika di Indonesia. Jakarta: DirektoratJenderalPendidikanTinggi.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugijono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Jajay. 2008. Korelasi Nilai Matematika Dengan Nilai Fisika Pada Siswa MAN Cikarang Tahun Pelajaran 2007 – 2008. Cikarang: Bekasi.

Sukardi, Dewa Ketut dan Desak P.E Nila Kusumawati. 2009. Analisis Tes Psikologis Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Wanhar. 2008. Hubungan Antara Kemampuan Konsep Matematika Dengan Kemampuan Menyelesaikan Persoalan Matematika. Jurnal Baruga Vol 1 No.3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.