Editorial Policies

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

table of content

Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Deskripsi Jurnal

Jurnal Ilmu Keperawatan (JIK) adalah suatu media yang dapat digunakan untuk, mendiseminasi, dan mengarsipkan karya perawat peneliti di Indonesia. Artikel yang diterbitkan antara lain meliputi sub bidang keperawatan dasar, keperawatan dewasa, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan gerontik, keperawatan keluarga, keperawatan komunitas, manajemen keperawatan, dan pendidikan keperawatan.

 

Format Jurnal Ilmu Keperawatan

FORMAT JURNAL ILMU KEPERAWATAN

 

Ukuran Kertas dan Huruf

Artikel/Manuskrip ditulis pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 (kecuali judul dengan font 14 dan abstrak font l0), tanpa indentasi dan menggunakan spasi antar paragraf. Jarak spasi adalah 1.5 kecuali untuk penulisan judul dan abstrak adalah 1 spasi. Batas/margin tulisan pada keempat sisi 2 cm. Penomoran Halaman Nomor halaman ditulis dibagian bawah kertas, pada tengah halaman.

Hasil Penelitian

Manuskrip hasil penelitian ditulis dengan urutan: Judul (Indonesia& inggris) – Data penulis dan Korespondensi–Abstrak & kata kunci (Indonesia & inggris) –Latar Belakang – Metodologi – Hasil – Pembahasan – Kesimpulan – Ucapan terima Kasih–Referensi. Jumlah kata maksimum adalah 3000 kata, tidak termasuk abstrak.

Tinjauan Kepustakaan

Artikel hasil tinjauan kepustakaan dimulai: Judul (Indonesia & inggris) – Data penulis –Abtrak & kata kunci (Indonesia & inggris) – Pendahuluan – Kesimpulan – Ucapan terima kasih–Referensi. Jumlah kata yang dianjurkan adalah sampai3000 kata, tidak termasuk abstrak.

Judul

Judul artikel ditulis dengan singkat, tidak lebih dari14 kata, menggunakan Times New Roman 14, ditulis dengan huruf kecil dan huruf kapital di awal kata dan di Bold.

Penulis dan korespondensi

Nama penulis (tanpagelar) beserta alamat afialiasinya ditulis lengkap dan diletakkan di bawah judul secara berurutan berdasarkan kontribusinya. Alamat korespondensi merupakan alamat salah satu penulis meliputi nama, alamat dan e-mail.

Abstrak

Isi abstrak secara tersirat mencakup Introduksi, Metode, Hasil, dan Diskusi/kesimpulan (IMRAD). Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dan tidak melebihi 200 kata (untuk bahasa Indonesia/Inggris).

Kata kunci

Kata kunci4 buah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, berisi maksimal 3 kata atau frase dan diurutkan berdasarkan abjad.

Latar Belakang

Menjelaskan pentingnya penelitian dilakukan, kebaruan hal yang dihasilkan dankaitan penelitian ini dengan data atau penelitian sebelumnya. Nyatakan satu kalimat pertanyaan (masalah penelitian) untuk dijawab oleh penelitian.

Metode

Metode menjelaskan tentang desain, pemilihan sampel, instrumen, prosedur pengambilan, pengolahan, dan analisis data;serta etika penelitian.

Hasil

Hasil dinyatakan berdasarkan tujuan penelitian, gunakan tabel/gambar/grafik untuk menjelaskan narasi. Cantumkan nilai rerata (mean), standard deviasi (SD), standard error (SE), atau nilai statistik lainnya dengan semestinya. Kutipan tidak ada pada bagian hasil.

 

Tabel dan Gambar

Tabel dan gambar terintegrasi dengan manuskrip. Judul ditulis dibagian kiri, diberi nomor dan ditempatkan sesuai kemunculannya dalam teks.Tabel hanya menggunakan 3 garis row (tidak menggunakan garis kolom). Penulisan isi tabel memakai font 10 dengan jarak 1 spasi

 

Tabel 1. Karakteristik Responden Karakteristik Jumlah

 

Tabel 1. Karakteristik Responden

Karakteristik

Jumlah, n(%)

p-value

Aaaa

Aaaaa

X (x.xx)

xX(xx.xx)

.xx

.Xx

 

 

Pembahasan

Berisi perbandingan hasil penelitian saat ini dengan data atau hasil yang diperoleh pada penelitian atau tinjauan kepustaskaan sebelumnya, termasuk juga keterbatasan-keterbatasan penelitian. Pembahasan diarahkan pada jawaban terhadap hipotesis penelitian dan mengapa hasilnya seperti itu.Tidak ada lagi angka statistik dalam pembahasan.

Kesimpulan

Kesimpulan merupakan jawaban hipotesis yang mengarah pada tujuan penelitian. Peneliti perluv mengemukakan implikasi dari hasil penelitian untuk memperjelas dampak hasil penelitian ini pada kemajuan bidang ilmu yang diteliti.Saran untuk penelitian lebih lanjut dituliskan pada bagian ini.

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih diberikan kepada sumber dana riset (institusi pemberi, nomor kontrak, tahun penerimaan)

Referensi

Menggunakan format APA 5, seperti contoh berikut:

Jurnal:

Wu, S.F.V., Courtney, M., Edward, H., McDowell, J., Shortridge-Baggett, L.M., & Chang, P.J. (2007).Self-efficacy, outcome expectation, and self care behavior in people with type diabetes in Taiwan. Journal of Clinical Nursing, 16(11), 250—257.

Buku:

Smeltzer, S., & Bare, B.G. (2008). Brunner & Suddarth ‘s textbook of medical surgical nursing. Philadelpia: Lippincott.

Artikel online:

Supriadi, T. (2009). Rumah Sakit di Sumut belum berikan data penyakit. Diakses dari http://www.waspada.co.idl pada tanggal 20 January 2011