PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN ANTICIPATORY GUIDANCE TERHADAP PENGETAHUAN IBU DALAM PENCEGAHAN CEDERA PADA ANAK USIA TODDLER

Dinda Ayu Lestari, Riri Novayelinda, Safri Safri

Abstract


Abstrak

Anak usia toddler (1-3 tahun) berada pada tahap intens dalam mengeksplorasi lingkungan sehingga anak beresiko cedera yang dapat mengakibatkan kecacatan, trauma bahkan kematian. Anticipatory guidance merupakan pedoman yang diberikan kepada orangtua dalam mengatasi masalah yang mungkin dapat terjadi pada anak yaitu salah satunya adalah risiko cedera yang dapat terjadi pada anak usia toddler. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan anticipatory guidance terhadap pengetahuan ibu dalam pencegahan cedera pada anak usia toddler. Metode: Metode yang digunakan adalah quasi experiment design dengan rancangan non equevalent control group. Sampel penelitian berjumlah 40 responden yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih melalui simple random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis bivariat dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan ibu sesudah diberikan pendidikan kesehatan anticipatory guidance tentang pencegahan cedera dengan p value (0,000) < α (0,05). Simpulan: Pendidikan kesehatan anticipatory guidance efektif terhadap peningkatan pengetahuan ibu dalam pencegahan cedera pada anak usia toddler di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Peneliti menyarankan untuk memberikan pelatihan untuk pencegahan cedera.

 

Kata kunci: Anticipatory guidance, pendidikan kesehatan, pengetahuan ibu, toddler

 

Abstract

The effect of anticipatory guidance health education influence on a mother’s knowledge in the prevention of injury in a toddler. Children of childbearing age (1-3 tahun) are at an intense stage in exploring the environment so can cause the injuries, which can result in disability, trauma, even death. Anticipatory guidance is a guideline given to parents in overcoming problems that may occur in children, one of which is the risk of injury that can occur in toddlers. Aims: The study aims to know the impact of a health education anticipatory guidance on a mother’s knowledge in preventive child injury prevention in toddler. Method: The method used in an experiment design with non equevalent design control group. The sample research consist of 40 respondents who divided into two groups that were experiment groups and control groups that taken through the simple random sampling. The analysis used was analysis bivariates by using Mann Whitney. Result: Research suggests that there is a significant difference between a mother’s knowledge after given a health education about the injury prevention with p value (0,000) < α (0,05). Conclusion: A predicory anticipatory guidance health education increased maternal knowledge in the prevention of injury to toddler-aged children in the working area of the Pekanbaru City Health Office. Researchers suggest providing training for injury prevention.

 

Keywords: Anticipatory guidance, health education, mother knowledge, toddler


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIK
Jurnal Ilmu Keperawatan
 
ISSN (Print): 2338 – 6371
ISSN (Online): 2550 – 018X
 
Redaksi JIK: Jurnal Ilmu Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Gedung Petronas, Jl. Tgk. Tanoh Abee
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp. (0651) 8053041; Faks. (0651) 8053041
E-mail: jik@unsyiah.ac.id
Website: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jik

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keperawatan by Universitas Syiah Kuala is licensed

under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIK.