Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmu Kebencanaan : Program Pascasarjana Unsyiah?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN NASKAH JURNAL 

Format

  1. Tulisan ditulis dengan menggunakan MS Word dan harus disimpan sebagai Word 97 – 2004 dengan ekstension doc, bukan docx.
  2. Artikel ditulis dengan Font Times New Roman.
  3. Judul bab ditulis tanpa nomor dengan huruf kapital. Judul sub bab ditulis tanpa nomor dengan huruf kapital hanya pada awal kata saja.
  4. Format kertas A4 US Letter ukuran 21,59 cm x 27,94 cm (pilihan pada Layout dan Size)
  5. Margin (Top = 2.54 cm; Bottom = 2.54 cm; Left = 3.17 cm; dan Right = 3.17 cm)
  6. Jarak antar tulisan dalam paragram adalah 1.15 spasi kecuali untuk judul, abstrak dan penulis masing-masing 1 spasi. Jarak antara judul bab, sub bab, tabel dan gambar adalah masing-masing 1.5 spasi.
  7. Awal paragraf ditulis masuk ke dalam (indent) sebesar 1 cm.
  8. Tulisan ditulis tidak dalam bentuk 2 kolom terpisah. Tim jurnal yang akan membuat tulisan dalam bentuk siap untuk diterbitkan.
  9. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel maksimum 6 halaman.
  10. Artikel diberi nomor halaman pada bagian bawah-tengah halaman.
  11. Semua baris pada artikel diberi nomor secara otomatis. Cara pemberian nomor dengan MS Word: pilih Layout, Text Layout, klik Line Number – Continuous.
  12. Tulisan artikel tidak boleh mengandung kesalahan pengetikan. Artikel yang mengandung kesalahan pengetikan lebih dari 5 kesalahan, akan dikembalikan atau ditolak untuk direview.

 

Sistematika penulisan artikel 

JUDUL (Font 12)

NAMA PENULIS (Font 10)

INSTANSI PENULIS (Font 10) (Termasuk alamat email corresponding author)

ABSTRAK (Bahasa Inggris) (Font 11, maksimum 300 kata, spasi 1)

ABSTRAK (Bahasa Indonesia) (Font 11, maksimum 300 kata, spasi 1)

Kata kunci (dalam bahasa Inggris dan Indonesia, masing-masing 3 – 5 kata kunci)

PENDAHULUAN (Font 12)

METODE PENELITIAN (Font 12)

HASIL DAN PEMBAHASAN (Font 12)

KESIMPULAN (Font 12)

UCAPAN TERIMA KASIH (Font 12, maksimum 30 kata)

 PUSTAKA (Font 12)

 

Keterangan Masing-Masing Komponen Artikel

Abstrak 

Abstrak terdiri dari 100-200 kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak memberikan ringkasan atas tujuan artikel, metode, dan kesimpulan artikel. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.

Pendahuluan 

Bagian ini berisi tentang latar belakang penelitian, kajian pustaka, hipotesa yang akan dibuktikan serta tujuan penelitian.

Metode Penelitian 

Bagian ini memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, model penelitian, dan metode analisis data.

Hasil dan Pembahasan

Bagian ini memuat data, hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan. Hasil penelitian dibahas dengan membandingkan hasil penelitian dengan penelitian orang lain.

Kesimpulan

Hasil pembahasan disimpulkan dalam bab kesimpulan.

Ucapan Terimakasih

Ucapan terima kasih tidak wajib dan boleh tidak ada. Ucapan terima kasih ditulis singkat dan maksimum 50 kata. Ucapan terimaksih dapat di tuliskan dengan menyebutkan pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam proses penelitian dan penulisan. Ucapan terima kasih tidak ditujukan kepada pembimbing karena pembimbing termasuk dalam penulis.

Daftar Pustaka

Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel. Hanya pustaka yang dikutip dalam teks tulisan yang dapat dimasukkan ke dalam daftar pustaka. Daftar pustaka disusun sesuai dengan abjad. Sebaik pustaka yang digunakan adalah yang terbaru atau dalam 10 tahun terakhir.

 

Tabel dan Gambar

Tabel dan gambar diletakkan pada bagian akhir tulisan setelah daftar pustaka. Tabel dan gambar diberi nomor secara berurutan. Judul tabel ditulis pada bagian atas tabel. Judul gambar ditulis pada bagian bawah gambar. Jika menggunakan singkatan di dalam tabel dan gambar, maka keterangan singkatan harus dituliskan pada bagian bawah tabel atau gambar.

 

Tabel dan Gambar (Grafik) 

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam naskah. Tabel dan gambar yang disajikan dalam lampiran adalah yang menunjukkan proses pengolahan data.
  2. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari tabel atau gambar. Judul tabel atau gambar harus dapat diinterpretasikan tanpa harus mengacu ke naskah.
  3. Tabel atau gambar yang ditampilkan pada naskah harus dirujuk di dalam naskah. Contoh: “... peningkatan jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 5 persen (Gambar 2) ...”. Atau misalnya: “Tabel 5 menjelaskan tentang ...”.
  4. Penulis menyebutkan pada bagian di dalam naskah, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  5. Tabel dan gambar harus cukup jelas untuk dicetak. Ukuran tabel atau gambar sebaiknya memiliki lebar 6,5 cm. Jika pada ukuran tersebut terlalu kecil sehingga sulit di baca, tabel atau gambar dapat diperbesar dengan ukuran maksimum 12 cm.

Kutipan

Kutipan dalam teks ditulis dengan nama akhir penulis dan tahun tanpa koma. Penulisan kutipan dapat diletakkan diantara tanda kurung buka dan kurung tutup atau nama penulis dan tahun dalam tanda kurung buka dan kurung tutup. Contoh:

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono 2000); lebih dari dua penulis: (Budiono et al. 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah 2001; Kusumawati 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman 1998, 2000).
  2. Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan gunakan huruf a, b, … setelah tahun. Contoh: (Joni 1999a, 1999b) atau (Joni 1999a, Daud 2000b).
  3. Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan. Contoh: “Alamsyah (1998) menyatakan ...”
  4. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya, (IAI 1994; BPS 2003).
  5. Sumber kutipan yang tidak memiliki nama penulis dapat ditulis sebagai anonim, misalnya Anonim (2005).

 

Daftar Pustaka 

  1. Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun alfabetis sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi.
  2. Pustaka yang digunakan sebaiknya berasal dari jurnal ber-ISSN atau buku ber-ISBN terbit dalam 10 tahun terakhir. Pustaka dari buku sebaiknya maksimum hanya 10 persen dan digunakan hanya untuk pengutipan teori atau metode yang sudah baku.
  3. Pustaka dari sumber majalah populer, surat kabar, website, yang tidak resmi seperti blog atau sumber lain yang tidak dapat dipercaya tidak diizinkan untuk digunakan. Pustaka yang bersifat anonim diusahakan untuk digunakan seminimal mungkin.
  4. Nama belakang penulis pertama disingkat dan diletakkan di belakang. Nama belakang penulis kedua dan selanjutnya disingkat dan diletakkan di depan nama belakang.
  5. Cara penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:
Buku:

Nama. Tahun. Judul (dicetak miring dengan huruf pertama kapital). Penerbit. Kota

Jurnal:

Nama. Tahun. Judul (dicetak miring dengan huruf pertama kapital). Nama Jurnal. Nomor (Volume), halaman.

Website:

Nama. Tahun. Judul (dicetak miring dengan huruf pertama kapital). Diunduh tanggal. Alamat website.

Prosiding Seminar/Kolokium/Workshop:

Nama. Tahun. Judul (dicetak miring dengan huruf pertama kapital). Paper dipresentasikan di seminar/kolokium nama seminar tanggal seminar, kota.

Contoh:

Buku

Satu Penulis

Bringham, E. F. 1992. Fundamental of Financial Management 6th. The Dryden Press, London.

Dua sampai 4 Penulis

Cooper, D. R. and P. S. Schindler. 2001. Business Research Method. Mc Graw Hill, New York.

Guan, L., D. R. Hansen, and M. M. Mowen. 2009. Cost Management. Springer, New Jersey.

Lebih dari 4 Penulis

Booth, W. C. et al. 1995. The Craft of Research. University of Chicago Press, Chicago.

Penulis Institusi

Ikatan  Akuntan  Indonesia.  2004.  Standar  Profesional  Akuntan  Publik.  Divisi Penerbitan IAI, Jakarta.

Jurnal

Gumanti, T. A. 2001. Earnings Management dalam Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia4 (2), 165-183.

Geiger, M. A. and S. M. Ogilby. 2000. The First Course in Accounting: Students Perceptions and their Effect on the Decision to Major in Accounting. Journal of Accounting Education, 18, 63-78.

Website

Australian Bureau of Statistics. 2000. 1996 Census of Population and Housing: Northern (Statistical Division) Queensland. Diunduh tanggal 19 Agustus 2001,  http://www.abs.gov.au.

Bond, T. 2004. ED1401: Childhood and Adolescence, week 12 notes. Diunduh tanggal 25 Februari 2005, http://learnjcu2004.jcu.edu.au 

Workshop/Seminar

Abbott, K. and J. Seymour. 1997. Trapping The Papaya Fruit Fly in North Queensland. Paper presented at the Australian Entomological Society Conference tanggal 5 – 7 November, Melbourne 

Seminar/Kolokium/Workshop

Fitriany dan D. Sari. 2008. Studi atas Pelaksanaan PBL dan Hubungannya dengan Prestasi Mahasiswa. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi XI tanggal 10 – 12 Februari, Pontianak.

Tesis/Disertasi/Working Paper

Utama, S. 1996. The Association between Institutional Ownership and Trading Volume Reaction to Annual Earnings Announcements. Ph.D Dissertation, Texas A&M University.

Chambers, D. J. 2003. Earnings Persistence and Accrual Anomaly. Working Paper, University of Illinois at Urbana-Champaign.

Chan, K., L. Chan, N. Jegadeesh, and J. Lakonishok. 2004. Earnings Quality and Stock Returns. Working Paper, University of Illinois at Urbana-Champaign.

Catatan Kaki

Catatan kaki dipergunakan hanya untuk memberikan penjelasan/analisis tambahan, yang apabila digabung ke naskah akan mengganggu kontinuitas naskah. Dengan demikian catatan kaki tidak dipergunakan untuk referensi. Catatan kaki harus diberi nomor urut dicetak superscript. Teks dari catatan kaki ditempatkan langsung pada halaman yang terdapat nomor superscript.

Kebijakan tentang Plagiarisme

Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke jurnal harus membuat surat pernyataan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dan tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.

Kebijakan Reproduksi

Artikel yang telah dipublikasi di jurnal menjadi hak cipta Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Untuk tujuan edukatif, isi dari jurnal dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.

Kebijakan atas Ketersediaan Data

Konsisten dengan tujuan dari jurnal, penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut. Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

Pengiriman Naskah Artikel

  1. Sebelum mengirimkan artikel, penulis harus registrasi terlebih dahulu di website jurnal
  2. Penulis yang mengirimkan langsung artikelnya tetapi tidak melakukan registrasi, maka pengelola jurnal akan melakukan registrasi, memberikan password dan meminta kepada penulis untuk mengirim ulang naskahnya.
  3. Setelah pengiriman artikel, penulis diminta untuk mengirimkan bukti pembayaran ke sjmpascasarjana@gmail.com dan menginformasikan bahwa tulisan atas nama penulis dan judul telah dikirimkan ke jurnal. Penulis akan mendapatkan konfirmasi oleh pengelola jurnal melalui email bahwa naskah akan diproses untuk direview.

 

Proses Review

Proses review dilakukan melalui korespondensi melalui email. Jurnal Pascasarjana Unsyiah tidak melayani pertemuan dengan editor, reviewer atau manajer jurnal.

Artikel yang masuk untuk dipublikasikan di jurnal, pertama sekali akan diperiksa oleh editor. Proses yang dilakukan oleh editor berlangsung maksimum selama 7 hari per pemeriksaan. Editor akan memberikan kesempatan kepada penulis untuk memperbaiki tulisan sebanyak 2 kali, jika tetap tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh editor, maka tulisan dapat ditolak untuk diterbitkan. Editor akan menilai apakah tulisan telah memenuhi:

  1. Sistematika penulisan
  2. Kesesuaian tema tulisan dengan ruanglingkup bidang keilmuan jurnal
  3. Pemenuhan kaidah ilmiah dalam tulisan
  4. Kesalahan penulisan dan kelengkapan pustaka

 Artikel yang telah selesai diperiksa oleh editor, akan direview oleh pakar di bidangnya. Reviewer akan menilai:

  1. Keterbaruan tema artikel
  2. Kualitas hipotesis
  3. Ketepatan metode penelitian untuk membuktikan hipotesis
  4. Kerangka berfikir dan kualitas keilmuan dan kebenaran dalam proses penarikan kesimpulan 

Setiap pemeriksaan oleh reviewer akan berlangsung selama 7 hari. Hanya tulisan yang telah selesai direview yang akan dipublikasikan di jurnal. Perbaikan oleh penulis akan dinilai lagi oleh reviewer, jika tulisan memerlukan perbaikan mayor (besar). Penulis wajib mengembalikan hasil perbaikan selama 7 hari. Waktu perbaikan oleh penulis untuk perbaikan mayor adalah 7 hari, sedangkan untuk perbaikan minor adalah 3 hari.

Seluruh proses pada editor dan reviewer akan dilakukan secara tanpa nama (blind process). Manager jurnal tidak akan memberikan informasi nama dan institusi kepada reviewer ataupun penulis. Reviewer dapat berasal dari Unsyiah maupun perguruan tinggi lainnya.

Untuk mempercepat proses penilaian oleh editor dan reviewer, penulis diharapkan untuk memasukkan artikelnya tanpa kesalahan pengetikan dan sudah memenuhi sistematika yang dianjurkan oleh jurnal ini.

 

Cara Menjawab Hasil Review Editor/Reviewer

Jawaban pertanyaan editor/reviewer harus dikirim bersama artikel yang sudah dikoreksi oleh penulis dalam file terpisah berupa lembar jawaban. Lembar jawaban berisi pertanyaan editor/reviewer dan jawaban penulis pada setiap nomor. Contoh lembar jawaban:

LEMBAR JAWABAN

 

Baris 93:

Pertanyaan: Kenapa menggunakan metode regresi linear?

Jawaban:

Metode regresi linear adalah metode yang paling tepat untuk menjelas hubungan antara

dua variabel. Metode ini sudah digunakan secara luas oleh Sudjana (2014), Torrie et al. (2010), dll.

 

Tabel 3:

Saran: Tabel sebaiknya memuat nilai standar deviasi dan memuat keterangan tabel.

Jawaban:

Tabel 3 sudah direvisi dan sudah memuat nilai standar deviasi dan memuat keterangan

tabel.

 

Biaya Publikasi

Setiap publikasi di jurnal Pascasarjana Unsyiah dikenakan biaya sebesar Rp. 400.000,- yang harus disetor melalui Bank Mandiri. Scan bukti setoran dikirim bersamaan dengan pengiriman naskah artikel melalui email. Biaya publikasi akan dikembalikan ke penulis sebesar 50% jika naskah ditolak untuk dipublikasikan oleh editor/reviewer. Oleh karena itu, penulis harus memastikan naskah yang dikirimkan berkualitas tinggi dan tidak memiliki kesalahan.

 

1      Contoh format bagian awal naskah tulisan:

2      Pengaruh Pemupukan Kalsium Pada Komposisi Mineral dan Timbulnya Spot Coklat

3      Pada Umbi Kentang

4      Ahmad Baihaki1, Sukarno Putro2, Herald Zimmerman2,3

5

6      1Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Kabupaten Aceh Tengah, Indonesia

7      2Prodi Magister Agroteknologi, Program Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala, Indonesia

8      3Koresponden: Herald.Zimmerman@unsyiah.ac.id

9  

10                                                                      ABSTRACT  

11                          Two years of field experiments were conducted in sandy soil at two locations each year in

12           2002 and 2003. Gypsum, CaCO3, and basic slag were applied at rates between 560 and 2240 kg

13           Ca ha-1. Soil was sampled 56 days after planting and after harvest, and the cation concentration in

14           the soil solution and exchangeable cation in the soil were analyzed. The results showed that lime

15           and basic slag failed to increase Ca concentration in the soil solution during tuber growth and

16           therefore failed to increase the Ca concentration of the tubers. In contrast, application of gypsum

17           kept  and  increased  the  Ca  concentration  in  the  soil  solution  during  tuber  development.

18           Consequently,  application  of  gypsum  increased  up  to  65  and  112%  the  Ca  in  the  tuber

19           parenchyma and periderm tissue, respectively. It was observed that tuber with Ca and potassium

20           concentrations lower than 0.1 and 18 g kg-1  DM were susceptible to the occurrence of brown

21           centre discoloration in the fresh potato tuber.

22           Keywords: Calcium fertilizer, potato, brown spot, mineral composition

23

24                                                                     ABSTRAK

25                          Percobaan lapangan selama dua tahun dilakukan pada tanah berpasir di dua lokasi pada

26           tahun 2002 dan 2003. Pupuk gipsum, CaCO3 dan limbah mineral (basic slag) diaplikasikan pada 

27           tanaman kentang sejumlah 560 dan 2240 kg Ca ha-1. Sampel tanah dianalisis setelah 56 hari sejak

28           penanaman  dan  setelah  pemanenan  untuk  melihat  konsentrasi  kation  dan  kation  bebas  pada

29           larutan  tanah.  Hasil  percobaan  menunjukkan  bahwa  kapur  dan  basic  slag  tidak  dapat

30           meningkatkan konsentrasi Ca pada larutan tanah selama perkembangan umbi dan oleh karena itu

31           gagal meningkatkan konsentrasi Ca pada umbi kentang. Sebaliknya, aplikasi gipsum mampu

32           meningkatkan  dan  menjaga  konsentrasi  Ca  pada  larutan  tanah  selama  perkembangan  umbi.

33           Peningkatan kalsium mencapai 65 dan 112% pada lapisan parenkim dan periderm dari umbi.

34           Hasil observasi menunjukkan bahwa umbi dengan kandungan Ca dan K di bawah 0.1 dan 18 g

35           kg-1 DM mengalami pewarnaan coklat yang tidak diinginkan pada inti umbi kentang.

36           Kata kunci: Pupuk kalsium, kentang, pencoklatan, komposisi mineral

37

38           PENDAHULUAN

39                          Kalsium  merupakan  nutrisi  yang  sangat  esensial  bagi  pertumbuhan  tanaman.

40           Kekurangan kalsium selalu diikuti dengan kecacatan bentuk fisik dan peningkatan resistensi

41           melawan penyakit dan stres seperti nematoda (Fatemy and Evans, 1986), Erwinia carotovora

42           (McGuire and Kelman, 1986), stres panas (Kleinhenz and Palta, 2002; Sterrett and Henninger,

43           1991), pencoklatan internal (Tzeng at al., 1986), and nekrosis (Davies, 1998).  Penelitian

44           Marschner (1995) menunjukkan bahwa kandungan kalsum paling rendah adalah pada bagian

45           buah atau umbi dibandingkan bagian lain pada tanaman. Immobilitas kalsium pada phloem

46           diduga merupakan alasan bagi rendahnya kandungan kalsium pada bagian umbi atau buah.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Mahasiswa melakukan registrasi pembayaran di Bank Mandiri (No. Rekening 900-00-2689457-7 a.n Muhammad Fadhil), jumlah maksimum manuskrip 6 halaman dengan biaya Rp. 400.000,- Apabila lebih maka adanya penambahan biaya sebesar Rp. 50.000,- setiap halaman.
  2. Penulis/mahasiswa melakukan registrasi sebagai penulis pada jurnal yang akan dituju :
    a. Jurnal Ilmu  Kebencanaan (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIKA/user/register)
  3. Penulis mengirim artikel sesuai format kepada email pada web jurnal tersebut beserta bukti pembayaran.
  4. Editor memeriksa format dan kesesuaian isi dan ruang lingkup jurnal, apabila tidak sesuai akan dikembalikan
    ke penulis.
  5. Editor mengirim manuskrip kepada reviwer untuk diperiksa kualitas dan kelayakan publikasi. Pemeriksaan munuskrip oleh editor selama 4 (empat) hari.
  6. Apabila layak maka diterbitkan Acceptence Letter dan pengelola jurnal mempublikasikan manuskrip, apabila tidak layak manuskrip akan dikembali kepada penulis untuk diperbaiki sesuai dengan saran reviewer atau juga ditolak. Pemeriksaan munuskrip oleh reviwer selama 7 (tujuh) hari.
 

Copyright Notice

This work  is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).

Creative Commons License

 

Privacy Statement

Names and email addresses entered in this journal will be used exclusively and will not be used for any other purpose or to any other party.