Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kps Pada Materi Listrik Dinamis Siswa SMP

Sakdiah Sakdiah, Mursal Mursal, Muhammad Syukri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep dan KPS setelah diterapkan model inkuiri terbimbing pada materi listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design, dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigli dengan sampel diambil secara random dan didapatkan kelas IX7 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pilihan ganda beralasan untuk melihat peningkatan pemahaman konsep dan KPS siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep dan KPS siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun demikian peningkatan pemahaman konsep dan KPS kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berdampak positif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan KPS siswa SMP pada materi listrik dinamis.


Keywords


inkuiri terbimbing; pemahaman konsep; keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


A’yunin, Q., Indrawati, dan Subiki. 2016. Penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika materi listrik dinamis di SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2):149-155.

Almuntasheri, S., Gillies, R. M, dan Wright, T. 2016. The Effectiveness of a Guided Inquiry-Based, Teachers' Professional Development Programme on Saudi Students' Understanding of Density. Science Education International, 27(1):16-39.

Ambarsari, W., Santosa, S, dan Maridi. 2013. Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1):81-91.

Arslan, A. dan Bekiroglo, F.O. 2014. Examination of the effects of model-based inquiry on students’ outcomes: scientific process skills and conceptual knowledge. Procedia-Social Behavioral Sciences, 2(1):1187-1191.

Astuti, R., Sunarno, W, dan Sudarisman, S. 2012. Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode ekspeimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(1):51-59.

Azizah, N., Indrawati, dan Harijanto, A. 2014. Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika kelas X.C di MAN 2 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3):235-241.

Basonggo, I., Tangkas, I.M, dan Said, I. 2012. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dikelas V SDN Meselesek. Jurnal Kreatif, 2(2):96-104.

Bayram, Z., Oskay, O.O., Erdem, E., Ozgur, S.D., dan Sen, S. 2013. Effect of inquiry based learning method on students’ motivation. Procedia-Social Behavioral Sciences, 2(1):988-996.

Brickman, P. 2009. Effects of inquiry based learning on students’ science literacy skill and confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3(2):1-22.

Budiyono, A. dan Hartini. 2016. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2):141-149.

Dewi, L.N., Dantes, N, dan Sadia,W.I. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa, 3(1):1-10

Guritno, T.A., Mayskuri, M, dan Ashadi. 2015. Pembelajaran kimia melalui model pemecahan masalah dan inkuiri terbimbing ditinjau dari keterampilan proses sains dasar dan sikap ilmiah siswa. Jurnal Inkuiri, 4(20):1-9.

Hussain, A., Azeem, M., dan Shakoor A. 2011. Physic Teaching Methods: Scientific Inquiry vs Traditional lecture. International Journal of Humanities and social Science, 1(19):269-276.

Jufri, A.W. 2010. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Kemdikbud. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koksal, E.A, dan Berberoglu, G. 2014. The effect of guided inquiry instruction on 6th grade Turkish students’ achievement, science process skills, and attitudes toward science. International Journal of Science Education, 36(1): 66-78.

Kurniawan, A.D. 2013. Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pemeblajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1):8-11

Maladjuna, D.A., Saehana, S dan Syamsu. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1):7-10

Matthew, B.M., dan Kenneth, I.O. 2013. A study on the effects of guided inquiry teaching method on students achievement in logic. International Researcher, 2(1):134-140.

Mayangsari, D., Nuriman, dan Agustiningsih. 2014. Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI pokok bahasan konduktor dan isolator SDN Semboro Probolinggo. Jurnal edukasi, 1(1):27-31

Olibie, E. I, dan Ezeob, K.O. 2013. Effects of guided inquiry method on secondary school students’ performance in social studies curriculum in anambra state, Nigeria. British Journal of Education, Society&Behavioral Science,3(3):206-222.

Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan). 2017. Rekap Hasil Ujian Nasional Tingkat Sekolah, (Online), https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/, diakses 7 Januari 2018

Puspita, A.T., dan Jatmiko,B. 2013. Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3):121-125.

Rahmawati, R., Haryani, S, dan Kasmui. 2014. Penerapan praktikum berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2): 1390-1397.

Rismawati., Ratman, dan Dewi, A.I. 2012. Penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep energi panas pada siswa kelas IV SDN No 1 Balukang 2. Jurnal Kreatif, 4(1):199-215.

Rizal, M. 2014. Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3):156-165.

Simatupang, S. dan Tiarmaida. 2015. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 8 Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1):34-41.

Simsek, P. dan Kabapinar, F. 2010. The effects of inquiry based learning on elementary students’ conceptual understanding of matter, scientific process skill and science attitudes. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2(1):1190-1194.

Susilawati., Susilawati. dan Sridana, N. 2015. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. Jurnal Tadris IPA Biologi, 3(1):8-36.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, L.E. dan Supardi, Z.A.I. 2013. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor untuk melatihkan ketrampilan proses sains terhadap hasil belajar di SMAN 1 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2): 62-65.

Wijayanti, P.I., Mosik dan Hindarto,N. 2010. Ekspolarasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan cahaya dan upaya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika indonesia, 6(1):1-5.

Winetacahya, S.Z dan Jatmiko, B. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo pada Pokok Bahasan Perpindahan Panas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3):6-10.

Yasmin, N., Ramdani, A., dan Azizah, A. 2015. Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunung Sari. J. Pijar MIPA, 10(2):69-75.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.