Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dengan Media Internet Dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri

Dara Desriana, Azhar Amsal, Djamaludin Husita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan siswa yang menggunakan media internet dalam pembelajaran asam basa pada kelas XI MAN Indrapuri. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA dengan jumlah 84 siswa MAN Indrapuri. Kemudian yang menjadi sampel yaitu kelas XI MIA-2 dan XI MIA-3 dengan jumlah 55 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar. Kemudian diolah menggunakan statistik uji-t taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan perbandingan nilai rata-rata tes hasil belajar menunjukkan bahwa media internet memiliki nilai rata-rata lebih tinggi 84,94. Sedangkan media lingkungan memiliki nilai rata-rata 80,86 dengan standar deviasi 8,68. Ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata media internet lebih tinggi dibandingkan dengan media lingkungan


Keywords


Media Internet; media berbasis lingkungan; hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Amanda, W.Y. (2012) Identifikasi Asam Basa dengan Menggunakan Indikator Alami. Article Jurusan IPA Program Studi Paska Sarjana Undiksha.

Catharina, A.T. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UNNES. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2).

Kasmadi dan Indraspuri. (2008). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Semarang. Article Universitas Negeri Semarang.

Kasmadi, Haji, A.G., Yusrizal, (2016). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantu ICT Kegiatan Laboratorium Real dan Virtual Pada Pokok Bahasan Pemisahan Campuran Materi Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2).

Prafianti R.A., and Lutfi A. (2015). Using Of Virtual Laboratory for Learning Activity in Acid, Base, and Salt Topic in SMA Negeri 1 Manyar Gresik. UNESA Journal of Chemical Education, 4(1).

Ratri, A. (2013) .Pembelajaran Kimia dengan Metode Inquiry Terbimbing Dilengkapi.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sara, A. (2000). The impact of using multimedia on students’ academic achievement in the College of Education at King Saud University. Article. Saudi Arabia: King Saud University.

Sari, A.D.P. (2011). Pembelajaran Kimia Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Menggunakan Media Lingkungan dan Internet Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Aktivitas Belajar Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sudjana. (1992). Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Sudji. M. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3).

Sujarwo, (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran PNF. Makalah PLS FIP UNY.

_______ (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran PNF. Yogyakarta: Makalah PLS FIP UNY.

Sukisman, P. (2006). Pendidikan Berorientasi Lingkungan: Pergeseran Peran Bahan Alam Sebagai Media Pembelajaran Kimia.Yogyakarta: Makalah FMIPA UNY.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.