Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Locus Of Control Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra

Fadilah Fadilah, Siska Rita Mahyuny

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi Locus of control mahasiswa FKIP Matematika Universitas Samudra. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Pendidikan matematika. Metode penelitian yang gunakan adalah survey penelitian kuantitatif dengan menggunakan pertanyaan terstruktur yang sama pada setiap orang dimana semua jawaban yang diperoleh peneliti dicatat, diolah dengan SPSS 21, dan dianalisis. Jika Seseorang merasakan adanya hubungan yang erat dikatakan Locus of control internal, sementara locus of control eksternal akan beranggapan bahwa akibat yang diterima berasal dari kesempatan, keberuntungan, nasib, atau campur tangan orang lain, juga mempengaruhi motivasi kuliah, reaksi emosional, dan perilaku  seseorang dalam berhubungan dengan  lingkungannya. Dalam penelitian ini faktor ekternal, variabel yang membentuk faktor ini adalah variabel X13 (mempercayai nasib baik), X11 (faktor teman) X2 (usia dan jenis kelamin) dan X9 (faktor social). Faktor Internal variabel yang membentuk faktor ini adalah X3 (suka bekerja keras), X1 (keluarga) dan X4 (inisiatif tinggi). Sehingga Faktor yang mempengaruhi Locus of control pada mahasiswa pendidikan matematika FKIP Unsam yaitu: faktor internal dan eksternal.


Keywords


Analisis factor; locus of control

Full Text:

PDF

References


Abzani & Leonard. (2017). Pengaruh Locus of control Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Jakarta, 5 Agustus 2017. 549-558.

Anggriana, T. M. (2016). Hubungan Locus of control dan Persepsi Peran Jenis Kelamin Dengan Keputusan Pemilihan Karier Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Semarang. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).

April, K.A., Dharani, B, & Peters, K. (2012). Impact of Locus of control Expectancy on Level of

Well-Being. Review of European Studies. 4(2): 124-137.

Ghufron, M.N, & Risnawati, R.S. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hans, T.A. (2000). A Meta-Analysis of the Effects of Adventure Programming on Locus of control. Journal of Contemporary Psychotherapy, 30(1): 33-60.

Handrina, I.A.G., & Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Internal Locus of control Dengan School Well-Being Pada Siswa SMA Kolese Loyola Semarang. Jurnal Empati, 6(1): 252-256.

Rotter. J. B. (1966). Generalized expectancies for internal versus external control of reinforcement. Psychological Monographgs: General and Applied, 80(1): 1-28.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Supranto. (2004). Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syatriadin. (2017). Locus of control: Teori Temuan Penelitian Dan Reorientasinya Dalam Manajemen Penanganan Kesulitan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1): 144-164.

Pinasti, W. (2011). Pengaruh Self-Efficacy, Locus of control, dan Faktor Demografis Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unsyiah
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : info jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.