Pengembangan Buku Saku Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) di MAN Model Banda Aceh

Resi Salyani, Azhar Amsal, Riza Zulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku pada materi Reaksi Reduksi Oksidasi yang dapat digunakan di MAN Model Banda Aceh. Pengembangan buku saku ini dirancang sebaik mungkin agar dapat menarik minat siswa untuk membaca dan mempelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Buku saku ini diujicoba dalam 2 tahap, tahap pertama diujicoba pada kelompok kecil dan tahap kedua diujicoba pada kelompok besar, sebelum diujicoba buku saku divalidasi oleh 3 orang tim ahli. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-3 (Matematika IPA-3). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi dari tim ahli dan wawancara, selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu persentase (%). Berdasarkan analisis data diperoleh, hasil validasi tim ahli pada buku saku pertama diperoleh nilai rata-rata persentase dari ketiga tim ahli sebesar 71% dengan kategori Baik, kemudian buku di perbaiki dan divalidasi kembali dengan nilai rata-rata persentase sebesar 94% dengan kategori Sangat Baik. Hasil ujicoba pertama pada kelompok kecil dengan jumlah 3 orang siswa memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 74% dengan kategori Baik, dan hasil ujicoba kedua pada kelompok besar dengan jumlah 30 orang siswa memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 98% dengan kategori Sangat Baik. Dengan hasil analisis data tersebut maka buku saku pada materi reaksi reduksi oksidasi dapat digunakan di MAN Model Banda Aceh.

Keywords


buku saku; reaksi reduksi oksidasi; redoks

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, I.A & Soegiarto, B. (2014). Melatihkan Keterampilan Metakognitif Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Kelas X SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 3(3): 112-118.

Ami, M.S & Susantini, E. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Journal Unessa, 1(2).

Antrakusuma, B., Haryono & Utomo, S. B. (2015). Pembelajaran Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Teras Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4): 200-206.

Faizah, M. & Yonata, B. (2013). Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 MAN Kota Kediri 3 Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education, 2(2); 46-50.

Fitriana, Y. (2014). Pengembangan Buku Saku pada Materi memahami Rangkaian Flip Flop Kelas X Di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3): 623-629.

Hasanah, A. & Mahdian. (2013). Penerapan Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) pada Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 4(1): 1-12.

Hidayat, A., Saputro, S. & Sukardjo, J. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum Hukum Dasar Kimia Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2): 47-56.

Izza, H.N., Susilowati, E. & Haryono. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dilengkapi Media Buku Saku dan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi di SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1): 189-195.

Kusumaningrum, L., Yamtinah, S., & Saputro, A. N. C. (2015). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kimia SMA Kelas XI Semester I Menggunakan Model Teslet. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4): 36-45.

Langi, A., Tahir, M., & Idris. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas 1 SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8).

Pratikno, P. & Syarief, S.H. (2014). Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan Strategi Mind Mapping pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi di Kelas X SMA Negeri 17 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education, 3(2): 195-202.

Purna, C.A. 2011. Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kecamatan Bantul. Jurnal Citizenship, 1(2).

Rini, I.K., Rosilawati, I., & Fadiawati, N. (2015). Inkuiri terbimbing pada reaksi redoks dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. Jurnal pendidikan dan pembelajaran kimia, 4(2).

Setyono, Y.A., Sukarmin, & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Fisika Kelas VIII untuk Pembelajaran Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1): 118.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, W.P. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Geografi (BSG) pada KD 3.3 Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di Muka Bumi untuk Kelas X di SMAN 1 Cerme. Swara Bhumi, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.