Penerapan Model Discovery Learning Melalui Game Gets Lucky Pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN Unggul Aceh Timur

Irmi Irmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMAN Unggul  Aceh Timur Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi Hidrokarbon  dan Minyak Bumi dengan menggunakan model Discovery Learning (DL) melalui Games Gets Lucky. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN Unggul Aceh Timur tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tes, selanjutnya dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model DL dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Pada siklus I, persentas ketercapaian aktivitas belajar siswa sebesar 76,62 % yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 96,10 %. Peningkatan  hasil belajar dapat dilihat dari aspek pengetahuan pada siklus I mencapai nilai rata-rata 77,63 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,95.


Keywords


Model DL; aktivitas; hasil belajar siswa; hidrokarbon; minyak bumi

Full Text:

PDF

References


Hadiono & Hidayati, N.A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMAN 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena sains, 3(2): 77-84.

Hamiyah, N. & Mohammad, J. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Istiana, G.A., Agung Nugroho, C.S., & Sukardjo, J.S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2): 63-73.

Kemdikbud Ditjen GTK. (2016). ModulGuru Pembelajar. Bandung. PPPPTK IPA.

Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMA Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1): 215-221.

Nuraeni, R., Saputro, A.N.C., & Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Games Tournament (TGT) dilengkapi Chem Puzzle Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1): 44-52.

Pangaribowo, D.R., Keliat, N.R., Sastrdiharjo, S., & Hutangoal, D.R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart-Case Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIC SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1): 47-57.

Sani, R.A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Suardin. (2016). Penerapan Metode Discovery Learning Pada Materi system Pencernaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Labuan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(3): 254-261.

Taqwima, A. H., Ashadi, A., & Utami, B. (2013). Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Metode Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Chemopoly Game Dan Chem-Cards Game Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Semester Genap SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4): 165-173.

Ulumi, D.F dkk. (2014). Pengaruh model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2): 68-79.

Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-1 Di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lensa, 5(1): 1-15.

Widiadnyana, I W., Sadia, I W, & Suastra I W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-13.

Widowati, F. (2014). Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Hiburan. Jurnal PGSD, 2(1): 1-10.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.