Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA

Sri Wahyuni, Amna Emda, Hayatuz Zakiyah

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X di SMAN 1 Unggul Seulimeum Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran menggunakan media animasi. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain kelompok tunggal pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Unggul Seulimeum, sedangkan sampel penelitian diambil siswa kelas X-2 berjumlah 20 orang secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang terdiri dari pretest, posttest, LKS, dan lembar observasi kegiatan siswa. Data observasi dianalisis dengan menggunakan teknik persentase sedangkan hasil tes kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t menggunakan program SPSS20. Persentase aktivitas belajar siswa mencapai rata-rata 85% yang termasuk pada kategori baik sekali dan hasil kemampuan berpikir kritis dari hasil uji-t diperoleh Nilai sig sebesar 0,000 < 0.05. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa  H0 ditolak dan terjadi penerimaan H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar siswa kelas X di SMAN 1 Unggul Seulimeum Aceh Besar.


Keywords


Media animasi; larutan elektrolit dan nonelektrolit; kemampuan berfikir kritis; aktivitas belajar

Full Text:

PDF

References


Adnyana, G.P. (2012). Keterampilan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3):201-209.

Damayanti, D.S., Ngazizah, N. & Setyadi, E. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013.Radiasi, 3(1):58-62.

Fajriati., Hendriani, W. & Septarini, B.G., (2016). Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory. Jurnal Penelitian dan Evakuasi Pendidikan, 20(1): 45-55.

Firmansyah, R.A,. & Wrastari, A.T., (2014). Pengaruh Penggunaan Film sebagai Media Belajar terhadap Pencapaian Higher Order Thinking Skill pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNAIR. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 3(1): 40-47.

Hasanah, U. & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. JurnalPenelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1): 91-106.

Hatika. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2): 113-117.

Khairi,Y., Lamba,H.A. & Werdhiana,K. (2013). Pengaruh Model Predict-Observe-Ekplain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palu.Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(4): 6-10.

Kurniasih, A.W. (2012). Scaffolding Sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. Jurnal Kreano, 3(2): 113-124.

Kurniawati, N., Jalmo, T,. & Yolida, B. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi Oleh Siswa. artikel: 4.

Mukhayat. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktaviani, M.A. & Notobroto, H.B. 2014. Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors,Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 3(2): 127-135.

Prayogo, D. & Rehulina, M. (2014). Hubungan antara Adversity dan Ketidakberdayaan yang Dipelajari pada Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Rumah Tahanan Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 3(2): 108-116.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suharyanto, S. & Ariyanto. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas VIII Semeseter Genap SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2014/2015. Artikel: 1-8.

Sukiyasa & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif.Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1): 126-137.

Sutinah. (2015). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Larutan Elektrolit dan larutan Nonelektrolit. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, Skripsi.

Syaoidh, N. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Wardani, D.S.K. (2012). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2): 1-7.

Widyaningsih, S.Y., Haryono & Saputro, S. (2012). Model MFI dan Pogil Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Inkuiri, 1(3): 266-275.

Zakariya & Cahyaka, H.W. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Kompetensi Dasar Konstruksi Tangga Kelas XI TGB SMK Negeri 3 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2): 33-41.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.