Pengembangan Bahan Ajar Ekologi Hewan Berbasis Problem Based Learning di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Samudra

Indriaty Indriaty, Setyoko Setyoko

Abstract


Pengembangan bahan ajar ekologi hewan berbasis problem based learning bertujuan menyediakan sumber belajar pada matakuliah ekologi hewan bagi mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Samudra dan membangun kompetensi dan keterampilan sains mahasiswa sesuai dengan materi ekologi hewan melalui kegiatan berbasis pemecahan masalah dilingkungan sekitar. Penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D, dengan tahapan Define, Design, Development dan Disseminate yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Subjek ujicoba yaitu validasi ahli materi, validasi ahli bahan ajar dan responden mahasiswa pendidikan biologi. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan kuesioner. Analisis data kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penlitian berdasarkan hasil validasi diperoleh validasi ahli materi 76% kategori baik dan tidak perlu direvisi, validasi ahli bahan ajar diperoleh 77% kategori baik dan kualifikasi tidak perlu direvisi dan validasi responden oleh mahasiswa diperoleh 79% kualifikasi tidak perlu direvisi. Pengembangan bahan ajar ekologi hewan berbasis problem based learning layak digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Samudra dalam matakuliah ekologi hewan.


Keywords


bahan Ajar; ekologi Hewan; problem based learning

Full Text:

PDF

References


Bilgin et al., 2009. The Effects of Problem Learning Instructionn on university Student Performance of conceptual And Quantitive Problem And Gaas Concept. Journal of Matemamatic Science and Technology Education. 5 (2) 153 -164

Eurika, N. 2013. Pengembangan Bahan ajar Materi Populasi Hewan. Jurnal Didaktika, vol. 11 (2).

Etherington, 2011. Investigative Primary Science: A Problem-based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education. 36 (9). http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol36/iss9/4

Graaff dan Kolmos, 2003. Characteristics of Problem-Based Learning. TEMPUS Publications.19 (5). Hal. 657- 662

Hariyadi, B., Hamida, A., Kartika, W., Yuliastuti, S., Ningsih, D dan

Rahma, N. 2014. Perlukah Buku Ajar Ekologi. Jurnal biologi edukasi, vol 6 (2).

Julianita, W dan Sarjono, H. 2013. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat

Prastowo, A. 2011. Panduan Kratif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Prasetiyo, A dan perwiraningtyas, P. 2017. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup pada Matakuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia vol 3 (1)

Purwanto., Aristo, R dan Suharto, L. 2007. Pengembangan Modul: Seri Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Setyoko, Rohman, F dan Suwono, H. 2017 Pengembangan Modul Ekologi Hewan Komunitas Makrozoobentos Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia vol 3 (1).

Setyosari, P dan Effendi, M. 1991. Pengajaran Modul: Buku Penunjang Perkuliahan. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.

Thiagarajan, S., D. Semmel and M. I. Semmel. 1974. Instructional development for training teacher of Exceptional Children A Sourcebook. Bloomington Indiana: Indiana University.

Wahyudi, B., Hariyadi, S., dan Hariani, S. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN Grujugan Bondowoso. Jurnal pancaran, vol. 3 (3) hal 83-92

Winarti, Y., Indriyanti, D dan, Rahayu. E 2015. Pengembangan Bahan ajar Ekologi Kurikulum 2013 Bermuatan SETS Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan. Vol 44 (1)




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.