Penerapan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus

Hasbullah Hasbullah, Abdul Halim, Yusrizal Yusrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman representasi siswa pada materi gerak lurus, penelitian yang menggunakan metode pra experimen dengan desain jenis one group pretest and posttest. Subjek penelitian diambil dengan cara teknik random sampling dengan melibatkan 45 siswa dalam pembelajaran kerangka multi representasi IF-SO dan modifikasi model PBM yang dikembangkan oleh Arends. Data diperoleh dari bentuk soal multiple choices berdasarkan indikator pemahaman Anderson & Krathwohl. Pengolahan data menggunakan Microsoft excel 2010 menggunakan persamaan N-gain, untuk interprestasi kriteria pemahaman dengan model Hake. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman representasi siswa pada materi gerak lurus melalui format verbal pada kategori rendah, format matematik pada kategori rendah, format grafik pada kategori sedang, dan format gambar pada kategori rendah, untuk nilai rata-rata posttest siswa tertinggi pada format verbal, matematik, dan gambar, sedangkan format grafik masih rendah, hal ini disebabkan kemampuan awal siswa masih rendah. Setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan multi representasi diperoleh N-gain sedang dan sangat berdampak pada kemampuan pemahaman siswa pada format grafik.


Keywords


Pemahaman siswa; Multi Representasi; Gerak

Full Text:

PDF

References


Ainsworth, S. (2006). DeFT: A Conceptual Framework For Considering Learning with Multiple Representations. Nottingham: School of Psychology and Learning Sciences Research. Institute University of Nottingham, 16(3): 183-196.

Anderson L.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing; A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Longman Inc.

Hake, R.R. (1998). Interactive-Engagement versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Association of Physics Teachers, 66(1): 64-74.

Hasbullah & Nazriana, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Interprestasi Grafik Melalui Pendekatan Multi Representasi Pada Materi Gerak Lurus. Prosiding Seminar Nasional Kemaritiman Aceh Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, 24 Agustus 2017, 1(1): 114 – 118.

Mahardika, I.K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal, Matematik, dan Gambar Fisika Siswa Kelas VIII-A MTs N 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3): 272-277.

Monika, S. (2014). Pengaruh Kemampuan Membangun Mode Representasi terhadap Pemecahan Masalah Fisika dengan Menerapkan Inkuiri Terbimbing. Thesis tidak dipublikasikan. Lampung: Universitas Lampung.

Prain, V., & Waldrip, B. (2008). An exploratory study of teachers’ perspectives about using multi-modal representations of concepts to enhance science learning. Canadian Journal of Science. Mathematics and Technology Education, 8(1): 5-24.

Purwanti, A, Sutopo, & Wisodo, H. (2016). Penguasaan Konsep dan Kemampuan Representasi Materi Gerak Lurus Siswa SMA Kelas XII. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1(1); 53-58.

Rosyid, Jatmiko, B., & Supardi, Z.A.I. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Orientasi IPA (PBL dan Multi Representasi) Pada Konsep Mekanika di SMA. Pancaran, 2(3): 1-12.

Setyandaru, T.A., Wahyuni, S., & Putra, P.D.A. (2017).

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3): 218-224.

Suwanto, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik (Tinjauan Teoritis dan Praktis). Jakarta: Kencana.

Widianingtiyas, L., Siswoyo., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF), 1(1): 31-38.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unsyiah
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.