Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati

Ratna Paramita, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Eka Ariyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber obat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan media booklet dilakukan melalui dua tahap yaitu menyusun hasil inventarisasi tumbuhan obat menjadi media pembelajaran dan memvalidasi media tersebut sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan media booklet dinilai oleh 7 validator melalui lembar validasi. Adapun aspek yang dinilai meliputi aspek format, isi, dan bahasa. Hasil validasi diperoleh skor rata-rata pada aspek format 3,43, aspek isi 3,50, dan aspek bahasa 3,46. Adapun, skor rata-rata keseluruhan 3,46. Dapat disimpulkan media booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber obat.


Keywords


booklet; media pembelajaran; tumbuhan obat

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS Press.

Fadli, R., Sartono N., & Suryanda A. (2017). Pengembangan Kamus Berbasis Sistem Operasi Telepon Pintar Pada Materi Biologi SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 8 (2): 10-17.

Gemilang, R., & Christiana E. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas Xi Di SMA N 3 Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 6 (3): 1-9.

Ghazali, P.L. (2009). Pengembangan Buklet Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Tuna Netra. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 1(1): 38-44.

Hanik, N.R., Hartono S., & Nugroho A.A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dengan Metode Observasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2): 127-138.

Indriati. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science Edutaiment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 1(2): 192-197.

Istifarida, B., Santoso S., Yusuf Y. (2017). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning-Gis Untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Sragen 2016/2017. Jurnal GeoEco, 3(2): 133- 144.

Lia, R.M., Udaibah W., & Mulyatun. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains Dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan. Unnes Science Education Journal, 5(3): 1418-1423.

Nugroho, S., Suparmi, & Sarwanto. (2012). Pembelajaran IPA dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Rill dan Virtuil Ditinjau dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, (1)3: 235-244.

Panjaitan, R.G.P., Savitri E., Titin. (2016). Pengembangan Media E-Comic Bilingual Sub Materi Saluran Dan Kelenjar Pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3): 1379-1387.

Pralisaputri, K.R., Soegiyanto H., & Muryani C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2(2): 147-154.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Puspita, A., Kurniawan A.D., & Rahayu H.M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswakelas XI SMA N 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1): 64-73.

Riyanto, N. (2015). Pemanfaatan Media Light Flash Card Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Bojongsari. Edu-Sains, 3(2): 1-9.

Sariani, N., Muryani C., & Rindarjono M.G. (2017). Engembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Peduli Ligkungan Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas XI IPS SMA Bina Utama Pontianak. Jurnal GeoEco, 3(1): 40-46.

Titin, & Dara E.N. (2016). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7(1): 45-56.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unsyiah
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : info jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.