Pemahaman Nature of Science (NoS) Di Era Digital: Perspektif Dari Mahasiswa PGSD

Tursinawati Tursinawati, Ari Widodo

Abstract


Hakikat IPA merupakan cara berpikir seseorang dalam memahami konsep-konsep ilmiah melalui metode ilmiah dengan berbagai tahapan dan metodologi yang sistematis sehingga dapat menghasilkan temuan atau ilmu pengetahuan, oleh sebab itu pentingnya pemahaman NOS dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tentang pemahaman hakikat IPA atau nature of science (NoS) di era digital. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan metode survei. Sampel dari penelitian ini 61 orang mahasiswa PGSD yang berasal dari 27 responden Universitas Kuningan dan 34 responden Universitas Syiah Kuala. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik acak. Instumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket yang berisi 28 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum rata-rata tanggapan mahasiswa PGSD terhadap NoS di era digital memberikan tanggapan yang baik, hal ini ditunjukkan dengan memperoleh 68% berada pada kategori baik. Agar mahasiswa PGSD memiliki pemahaman NoS di era digital yang lebih baik maka hendaknya pendalaman konsep tentang hakikat IPA era digital menjadi prioritas dalam pembelajaran IPA di Perguruan Tinggi.


Keywords


Nature OF Science (NOS); Era Digital

Full Text:

PDF

References


Afandi, S. (2017). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi; Konsep dan implementasinya dalam pembelajaran Abad 21. Surakarta: UPT. UNS Press

Hacieminoglu, E. (2014). In-Service Teachers’ Perceptions Regarding Their Practices Related to Integrating Nature of Science: Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116(1988): 1268–73.

Jumanto & Widodo, A. (2018). Pemahaman Hakikat Sains Oleh Siswa Dan Guru Sd Understanding the Nature of Science By Students and Elementary School Teachers in the City Of. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(1): 20–31.

Kampourakis, K. (2016). The ‘General Aspects’ Conceptualization as a Pragmatic and Effective Means to Introducing Students to Nature of Science. Journal of Research in Science Teaching 53(5): 667–82.

Karabegović, I. (2017). Digital Technology as the Key Factor in the Fourth Industrial Revolution - Industry 4. 0. International Journal of Engineering and Advanced Research Technology (IJEART) 3(3): 17–22.

Matthews, M.R. (2017). Reconceptualizing the Nature of Science for Science Education. Studies in Science Education 53(1): 105–7.

Mercado, C.T., Frienzky, B.M, & Lorna, G.U. 2015. Examining Education Students‘ Nature of Science ( NOS ) Views. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research 3(5): 101–10.

Moutinho, Sara, Joana, T., Isabe, F., & Clara, V. (2015). Problem-Based Learning And Nature of Science: A Study With Science Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences 191: 1871–75.

Mudavanhu, Young, & Nicholas, Z. (2017). The Views of Nature of Science Expressed by In-Service Teachers Who Were Learning History and Philosophy of Science. Journal of Educational and Social Research 7(3): 39–48.

Olson, J.K. (2018). The Nature of Science in International Science Education Standards Documents. The Nature of Science in Science Education (1998): 41–52.

Sugiyono. (2009). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widodo, A & Kuncoro, Y. (2018). Pemahaman Hakikat Sains Pada Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. EDUKASI : Jurnal Pendidikan 10(1): 55–72.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, tanggal 10 Desember 2016 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan (2): 1–17.




DOI: https://doi.org/10.24815/kanun.v%25vi%25i.13294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.