Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Persamaan Eksponensial Melalui Model NHT

Amran Amran

Abstract


Matematika merupakan subyek penting dalam sistem pendidikan di seluruh negara di dunia. Matematika menjadi alat bantu ilmu lainnya secara teoritis maupun aplikasi. Dalam pembelajaran, guru harus mampu  memilih  model  yang  tepat agar tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Saat ini masih ditemukan kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam mempelajari matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan eksponensial setelah penerapan model tersebut di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Adapun hipotesis tindakan penelitian ini adalah: “melalui model pembelajaran NHT dapat meningkatkan  hasil  belajar  peserta  didik  pada materi persamaan  eksponensial SMA Negeri 3 Banda Aceh”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini adalah peserta  didik  kelas  X  MIPA 1  yang  berjumlah  33  orang.  Pengumpulan  data dilakukan  dengan  tes  di  setiap  akhir  siklus.  Kriteria  keberhasilan yang ditetapkan yaitu ≥ 85% dari peserta didik mendapat skor ≥ 76. Dari hasil yang diperoleh Pada siklis II terdapat > 85% dari peserta didik mendapat nilai ≥ 76 dengan demikian menunjukan bahwa model NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan eksponensial di SMAN 3 Banda Aceh.


Keywords


Model NHT; Hasil Belajar; Persamaan Eksponensial

Full Text:

PDF

References


Hasbi, M., Mayanti, D., & Palalong, P. (2014). Penerapan Metode Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Di Kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadakulo, 2(1), 56-65.

Annajmi, Agustina, D.R & Deswita. H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together Terhadap hasil Belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri Rambah Samo. E-jurnal Prodi Mahasiswa, 2(2): 1-6.

Kesumawaty, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisisi Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Thesis. Universitas Indonesia.

Machfud, Hastomo. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Respons, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Al-

Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan

Alam, 6(2), 105-120.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.