Pengembangan Handout Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Habibati Habibati, Muhammad Nazar, Putri Dewi Septiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, menguji kelayakan bahan ajar handout berbasis literasi sains dan mengetahui tanggapan guru dan peserta didik terhadap handout yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 MAN 1 Banda Aceh yang terdiri dari 25 orang laki-laki dan 1 orang guru kimia. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi kelayakan handout berbasis literasi sains dan angket tanggapan guru dan peserta didik terhadap handout berbasis literasi sains. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket penilaian kelayakan handout dan lembar angket tanggapan guru dan peserta didik. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus persentase yang diperoleh dari lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kelayakan handout berbasis literasi si sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. Hasil persentase tanggapan guru terhadap handout berbasis literasi sains sebesar 80% dengan kriteria baik dan hasil persentase rata-rata tanggapan peserta didik sebesar 80% dengan kirteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah handout berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.


Keywords


Handout; literasi sains; larutan elektrolit dan non-elektrolit

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A., Irwandi, D & Murniati, D. (2016). Analisis Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI IPA pada Materi Hukum Dasar Kimia di Jakarta Selatan. Jurnal Kimia dan Pendidikan. 1 (2).

Dewi, R., Supriyanti, F, M, T dan Dwiyanti, G. (2016). Analisis Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit Siswa Menggunakan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Kimia dan Pendidikan. 1(2).

Haristy, D, J., Enawti, E dan Lestari, I. (2013). Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2(12).

Hoolbrook, J. & Rannikmae, M. (2007). Nature of Science Education For Enhancing Scientific Literacy. International Journal Of Science Eduction, 29(11): 1347-1362.

Muliawati, D. I., Saputro, S., & Raharjo, S.B. (2016). Pengembangan handout berbasis Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pembuatan etanol skala laboratorium SMK kimia industri. Jurnal Inkuiri, 5 (1):37-44.

Novitaningrum, M., Parmin dan Pamelasari, S, D. (2014). Pengembangan Handout IPA Terpadu Berbasis Inkuiri pada Tema Mata untuk Kelas IX Siswa MTs Al-Islam Sumurejo. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Satrio, B.Y.D. (2016). Modul kimia berbasis EPUB untuk siswa tunanetra materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Journal of Disability Studies. 3(1): 87-108.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yana, A.S., Syakbaniah, & Kamus, Z. (2014). Pengembangan handout berbasis model sains teknologi masyarakat pada materi wujud zat dan perubahan zat untuk pembelajaran IPA Fisika SMP kelas VII semester I. Pillar of Physics Education, 3: 9-16.

Zikrina, A. (2017). Analisis literasi sains pada buku ajar kimia kelas X di SMA Kabupaten Bireun. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.