PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMBENTUKAN HABITS OF MIND SISWA

Molani Paulina Hasibuan, Ratih Permana Sari, Setiawaty Setiawaty

Abstract


Pembentukan keterampilan dan sikap positif merupakan bagian dari proses sains untuk mencapai produk sains yang sesuai dengan kurikulum 2013. Habits of mind (HoM) merupakan kemampuan siswa untuk mengontrol perilaku positif agar memiliki rasa percaya diri dalam memecahkan masalahnya dengan cara yang produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan HoM siswa pada aspek regulasi diri, berpikir kritis dan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 di Kota Langsa Provinsi Aceh kelas XI IPA 1 semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah rubrik HoM dan angket respon siswa yang kemudian dianalisis dengan uji regresi menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki tingkatan capaian HoM yang berbeda-beda. Pada model problem based learning (PBL) dan discovery based learning (DBL) memiliki nilai N-gain tertinggi terhadap pembentukan HoM dibandingkan model pembelajaran inquiry based learning (IBL), dan project based learning (PjBL). Respon siswa setelah penerapan model pembelajaran saintifik terhadap pembentukan HoM sangat baik, hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase sebesar 95,98%. Model pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu PBL, IBL, DBL, dan PjBL memberikan pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap pembentukan HoM yaitu sebesar 0,808 atau 80% berdasarkan data R square yang telah diujikan.


Keywords


Habits of Mind; Model Pembelajaran; Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

References


Abadi, M.K., Pujiastuti, H., & Assaat L.D. 2017. Development of teaching materials based interactive scientific approach towards the concept of social arithmetic for junior high school student. international conference on mathematics and science education. 4th International Seminar of Mathematics, Science and Computer Science Education. Journal of Physics: IOP Publishing:1-6.

Alhamlan, S., Aljasser, H., Almajed, A., & Almounsur, H. 2018. A systematic review: using habits of mind to improve student’s thinking in class. Higher Education Studies, 8(1):25-35.

Ambarsari, W., Slamet S., & Maridi. 2013. Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1):81-95.

Dwirahayu, G., Kustiawti, D., & Bidari, I. 2018. Pengaruh habits of mind terhadap kemampuan generalisasi matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2):91-104.

Edmunds, J., Arshaysky, N., Glennie, E. & Charles, K. 2017. The relationship between project-based learning and rigor in STEM-focused high schools, Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 11(3):1-23.

Firman, Baedhowi, & Murtini, W. 2018. The effectiveness of the scientific approach to improve student learning outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2):86-91.

Fatonah, D.R.S., Ashadi, & Haryono. 2016. Studi komparasi pembelajaran kimia menggunakan model inquiry based learning (IBL) dan problem based learning (PBL) pada materi termokimia kelas XI SMA N 1 Sukoharjo dengan memperhatikan kemampuan matematika tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2):36-43.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM versi 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gloria, R.Y. & Indriyanti, D.R. 2018. Costa-kallick’s habits of mind in practical activities of students as biology’s teacher candidates. Edusains, 10(1):16-21.

Hong B.M., Hock, S.G., & Jusoff, K. 2013. Habits of mind in the ESL classroom. English Language Teaching, 6(11):130-138.

Husni. 2015. Implementasi pembelajaran kimia berbasis lingkungan dengan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan minat dan ketrampilan berpikir kritis pada siswa SMA. Lantanida Journal, 3(2):156-167.

In’am, A. & Siti, H. 2017. Learning geometry through discovery learning using a scientific approach. International Journal of Instruction, 10(1):55-70.

Kaura, A. & Zahran, F.A. 2017. Using habits of mind to develop efl writing skills and autonomy. Arab World English Journal, 4(1):183-198.

Kizkapan, O. & Oktay, B. 2017. The effect of project based learning on seventh grade students academic achievement. International Journal of Instruction, 10(1):37-54.

Kumar, R. & Brenda, R. 2017. Problem based learning pedagogy fosters students’ critical thinking about writing. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2):36-48

Marlinda, N.L. 2012. Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. (online). (https://media.neliti.com/ media/publications/120871-ID-pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-pro.pdf, diakses pada 5 Oktober 2019). Marzano, R.J. 2006. A different kind of classroom: teaching with dimensions of learning. Alexandria : ASCD (Association for Supervision and Curriculum Development).

Masyhuri, Lesmono, D.A., & Handayani, R.D. 2017. Model problem based learning (PBL) disertai tugas dalam pembelajaran fisika di SMA (pokok bahasan listrik dinamis). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4):418-426.

Miliyawati, B. 2014. Urgensi strategi disposition habits of mind matematis. Infinity Journal, 3(2):174–188.

Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurmaulita. 2014. Pembentukan habits of mind siswa melalui pembelajaran salingtemas pada mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1):53-58.

Padmavathy, R.D. & Mareesh, K. 2013. Effectiveness of problem based learning in mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 11(1):47-51.

Rahmawati, I.L., Hartono, & Nugroho, S.E. 2015. Pengembangan asesmen formatif untuk meningkatkan kemampuan self regulation siswa pada tema suhu dan perubahannya. Unnes Science Education Journal, 4(2): 842-850.

Rohim, F., Susanto, H., & Elianawati. 2012. Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1):1-5

Sari, R.P., Hasibuan, & Setiawaty. S. 2018. Pembentukan habits of mind siswa melalui pembelajaran berbasis karakter pada materi asam basa. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV yang dilaksanakan atas Kerjasama Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia, dan Program Studi Magister Pendidikan IPA PPs Universitas Syiah Kuala, di Banda Aceh pada tanggal 30 Oktober 2018. ISBN 978-602-50939-0-6, pp.222-227.

Seeley, C.L. 2014. Developing mathematical habits of mind. Scholastic, pp.247–259.

Sriyati, S. 2011. Peran assesment formatif dalam membentuk habits of mind mahasiswa biologi. Disertasi. Sekolah Pasca Sarjana: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Surya, A.P., Relmasira, S.C., & Hardini, A.T. 2018. Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1):41-54.

Syafii, W. & Yasin, R.M. 2013. Problem solving skills and learning achievements through problem-based module in teaching and learning biology in high school. Asian Social Science, 9(12):220-228.

Vollrath, D. 2016. Developing Costa and Kallick’s Habits of Mind Thinking for Students with a Learning Disability and Special Education Teachers. Graduate Theses & Dissertations. Scholar Work: Arcadia University.

Wiyono. 2013. Pembelajaran matematika model concept attainment meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi segitiga. Journal of Educational Research and Evaluation, 2(1):50-54.

Yahya, A.K.E. & Nasser, E. 2013. Assesing secondary school teachers performance indeveloping habits of mind for the students. International Interdiciplinary Journal of Education, 2(2):168-180.

Zabit, M.N.M. 2010. Problem based learning on students’ critical thinking skills in teaching business education in Malaysia: a literature review. American Journal of Business Education, 3(6):19-32.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.