PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERKOLABORASIKAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Purwo Adi Nugroho, Yulia Dewi Puspitasari

Abstract


Materi Pencemaran lingkungan dan sikap peduli manusia kepada lingkungan merupakan permasalahan yang menarik untuk dipelajari, sehingga tujuan dari penelitian yaitu pengembangan modul praktikum pencemaran lingkungan berbasis inkuiri terbimbing berkolaborasikan video untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar mahasiswa. Pada modul sudah terdapat penerapan model inkuiri terbimbing, yaitu mengidentifikasi, merumuskan hipotesis, pengumpulan data, menginterpretasikan data, dan membuat suatu kesimpulan yang dikemas di dalam sebuah modul. Jenis penelitian yaitu research and development yang termodifikasi menjadi tujuh tahap pelaksanaan penelitian dengan tahapan uji coba modul yang dikembangkan berupa uji coba produk awal, uji coba lapangan terbatas, dan uji lapangan operasional dengan data dukung berupa lembar observasi, angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian dari penerapan modul pencemaran lingkungan berbasis inkuiri terbimbing yang berkolaborasikan video yang didalamnya terdapat materi pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran udara yang diterapkan kepada mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Sains STKIP PGRI Nganjuk dengan hasil sebagai berikut: 1) sikap peduli lingkungan mahasiswa meningkat setiap pelaksanaan penelitian dengan persentase (74,4; 78; dan 85,07) dan 2) hasil belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan dengan persentase (79,87; 83; dan 86,4), sehingga dengan penerapan dari pengembangan modul praktikum pencemaran lingkungan berkolaborasikan video dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar mahasiswa.

Keywords


Modul, Pencemaran Lingkungan, Inkuiri Terbimbing, Sikap Peduli Lingkungan, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ayriza, Y. 2008. Penyusunan dan validasi modul social life skill bagi pendidik anak-anak prasekolah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(1):213-231.

Gall, M.D., Borg, W.R., & Gall, J.P. 2003. Educational research: An introduction (7th ed.). White Plains, New York: Longman.

Lawedalu, J.J., Mustami, M.K., & Hartanti. 2018. Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis inquiri pada materi teori evolusi SMA kelas XII IPA SMA Negeri 1 Kabupaten Maluku Barat Daya. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, Inovasi Pembelajaan dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi Alam, di Makassar tanggal 5 Mei 2018, ISBN: 978-602-70469-9-3, pp. 503-508.

Maflukha, D., Sajidan, & Maridi. 2017. Pengembangan modul biologi pembelajaran discovery learning yang dipadu survey lapangan dengan memanfaatkan potensi lokal pada materi fungi SMA kelas X Kurikulum 2013. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 6(2):147-156.

Millah, E.S., Budipramana, L.S., & Isnawati. 2012. Pengembangan buku ajar materi bioteknologi di kelas XII SMA IPIEMS Surabaya berorientasi sains, teknologi, lingkungan, dan masyarakat (SETS). Jurnal BioEdu, 1(1):19-24.

Mulyasa, E. 2006. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumu Aksara.

Putri, P.N., Subandi, & Munzil. 2018. Pengaruh strategi inkuiri terbimbing dan kolb’s learning style terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Pendidikan, 3(12):1664-1671.

Sasmita, A. & Fajriyah, K. 2018. Pengembangan modul berbasis quantum learning tema ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2):163-170.

Setiyadi, M.W., Ismail, & Dani, H.A. 2017. Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(2):102-112. Sitorus, H.H., Hasrudidin, & Edi, S. 2017. The influence of inquiry learning model on student’s scientific attitudes in ecosystem topic at MTs. Daarul Hikmah Sei Alim (Islamic Junior High School) Asahan. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 4(11):170-175.

Suryani, N.T., Prayitno, B.A., & Rinanto, Y. 2018. Pengembangan modul berbasis guided discovery pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1):101-110.

Susilo, A. & Sarkowi. 2018. Peran guru sejarah abad 21 dalam menghadapi tantangan arus globalisasi. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1):43-50.

Susilo, A., Siswandari, & Bandi. 2016. Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Slogohimo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1):50-56.

Sutikno, W. & Isa, A. 2010. Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika FMIPA Unnes Semarang, 6(1):58-62.

Suwandi, S. 2013. Model Assesment dalam Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP Universitas Sebelas Maret.

Umam, K. & Hasyim, B. A. 2014. Pengembangan modul memahami dasar kekuatan bahan dan komponen mesin untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TPM-A SMK Negeri 3 Tuban. JTPM, 2(3):35-43.

Wati, L.A. 2013. Pemanfaatan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1):1-10.

Yunita, I.E. & Hakim, L. 2014. Pengembangan modul berbasis pembelajaran kontekstual bermuatan karakter pada materi jurnal khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2):1-6.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.