ANALISIS PEMBELAJARAN MATERI HUKUM NEWTON MELALUI MODEL FLICLA PROLING BERBASIS PORTAL RUMAH BELAJAR TERINTEGRASI SI ASSEB

Qusthalani Qusthalani, Muharti Muharti

Abstract


Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran fisikayaitu kurang aktifnya peserta didik karena pembelajaran yang monoton, sehingga rerata nilai UN selalu menurun. Solusi yang diberikan yaitu pembelajaran yang sesuai keinginan peserta didik pada era pendidikan 4.0 diataranya menggunakan Laboratorium Fisika virtual atau maya dari portal rumah belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model flicla proling berbasis portal rumah belajar terintegrasi Si Asseb pada materi hukum Newton di SMAN 1 Matangkuli Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang didapatkan melalui model pembelajaran flicla proling dengan berbasis e-learning, dalam hal ini adalah kelas maya, laboratorium maya dan sistem evaluasi Si Asseb dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar dari 2,4 (kurang baik) menjadi 3,5 (baik) dan 3,7 (sangat baik) setelah penerapan model pembelajaran flicla proling. Selain itu terjadi peningkatan juga pada ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum perlakuan rata-rata nilai ujian adalah 23%, meningkat menjadi 40% pada siklus II dan 86% pada siklus III. Penggunaan model pembelajaran berbasis kelas maya, laboratorium maya dan sistem evaluasi Si Asseb sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan pendidikan 4.0.

Keywords


Flicla proling; pendidikan 4.0; laboratorium maya; kelas maya; hukum Newton

Full Text:

PDF

References


Azizah, N. & Edie, S.S. 2014. Pendekatan problem solving laboratory untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa kelas XI MA Al Asror Gunungpati Semarang. Unnes Physics Education Journal, 3(3):91-99.

Calik, M. & Mehmed, A.K. 2008. Using different conceptual change methods embedded within the 5e model: a sample teaching for heat and temperature. Journal of Physical Education, 5(1):3-7.

Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar (GBPP). Jakarta: Depdikbud.

Fauziah & Asy’syifaa. 2016. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Skripsi. (Online), (http://repository.upi.edu/24871/, diakses pada 20 Juli 2019).

Fauziah. 2015. Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 94 Jakarta. Skripsi. (online), http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27733,diakses pada 16 Mei 2019).

Fuady, M.J. 2016. Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarah jauh. Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan, 26(2):148-154.

Guoqing Zhou & Xuefeng Jiang. 2014. Theoritical research and instructional design of the flipped classroom. Journal of Applied Mechanics and Materials, 3(12):543-547.

Hanum, N.S. 2013. Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1):67-70.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. 2017. Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 2(2):87-90.

Jamuri, Kosim, & Doyan, A. 2015. Pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD berbasis multimedia interaktif terhadap pengusaan konsep siswa pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1):123-134.

Kaniawati, I. & Zamista, A.A. 2016. Pengembangan tes keterampilan proses sains materi fluida statis kelas X SMA/MA, Prosiding Seminar Nasional Fisika IV, ISSN: 2339- 0654.

Larasati, D.S. & Sukisno, M. 2014. Penggunaan media simulasi berbasis teknologi informasi dalam pembelajaran fisika pada siswa lintas minat di SMA Negeri 3 Pekalongan. Unnes Physics Education Journal, 3(3):48-53.

Malik, S. 2016. Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Skripsi tidak dipublikasikan. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maria, P. 2018. Pengembangan SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa, pada Tanggal 9 Desember 2017, ISBN: 978-602-6258-07-6.

Mundilarto. 2012. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: UNY Press.

Nurrokhmah, I.E. & Sunarto, W. 2013. Pengaruh penerapan virtual labs berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kimia. Chemistry in Education, 2(1):200-207.

Putra, E.I. 2017. Teknologi media pembelajaran sejarah melalui pemanfaatan multimedia animasi interaktif. Jurnal Teknik informatika Institut Teknologi Padang, 1(2):12-19.

Rahayu, S., Johanes, S., & Alexon. 2017. Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2):91-99.

Rahman. 2015. Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Majene. Jurnal Daya Matematis, 3(1):63-69.

Redhana, I.W. 2019. Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1):2239-2253.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma baru pembelajaran: sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suastra, I.W. 2016. Pembelajaran sains terkini: mendekatkan siswa dengan lingkungan alamiah dan sosial budayanya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunardi, D. 2017. Penerapan metode problem based learning dalam pelajaran Al - Islam di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Ilmiah Pengetahuan dan Penerapan Teknik Industri, 15(1)111-120.

Susianah & Hidayat, M.Y. 2017. Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas MIA SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2):65-70.

Suyanto & Warsiti. 2014. Penggunaan model CTL dengan media manik-manik dalam peningkatan pembelajaran matematika siswa kelas IV. Kalam Cendekia PGSD Kebumen. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4):96-98.

Suhardjono & Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, M.N. 2011. Gaya Belajar Menjadi Lebih Pintar. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Syam, M., Arsyad, M., & Maruf, M. 2015. Peranan penggunaan KIT IPA sebagai alat pembelajaran dalam upaya menigkatkan keterampilan peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 1 Belawa Kabupaten Wajo. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas

Muhammadiyah Makassar, 3(3):241-262.

Ubaidah, N. 2016. Pemanfaatan CD pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran make a match. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Negeri Sultan Agung Semarang, 4(1):53-70.

Vera, R.P. 2018. Memaksimalkan kompetensi guru melalui fitur kelas maya dalam pembelajaran bahasa arab sebagai inovasi pembelajaran jaman now. Prosiding 3rd International Conference on Education 2018 Teachers in the Digital Age oleh IAIN Batu Sangkar, Tanggal 12-13 September 2018, ISBN: 978-602-329-073-4.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.