PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN QUICK RESPONSE CODE UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Irmi Irmi, M Hasan, Abdul Gani

Abstract


Pembelajaran kimia menekankan pada pengalaman belajar secara langsung melalui proses dan sikap ilmiah, dengan demikian perlu diterapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan quick response code (kode QR) untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di SMAN 4 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di  SMA Negeri 4 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA3 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment pada dua kelas, dengan bentuk non equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian KPS siswa dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen mempunyai KPS yang sangat baik dengan persentase rata-rata 90%, sedangkan pada kelas kontrol masih pada kategori cukup yaitu 43%. Hasil belajar  siswa pada materi hidrolisis garam dengan N-Gain sebesar 73,57%  kelas eksperimen dan 43,37% kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri berbantuan kode QR dapat meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa. 


Keywords


Model inkuiri terbimbing; kode QR; KPS hasil belajar; hidrolisis garam

Full Text:

PDF

References


A’yunin, Q., Indrawati, & Subiki. 2016. Penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika materi listrik dinamis di SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2):142-149

Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi. 2018. The effect of inquiry model on science process skills and learning outcomes. European Journal of Education Studies, 4(12):177-182.

Ali, N. 2017. Pre-service teachers’ perception of quick response (QR) code integration in classroom activities. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 16(1):93100.

Almuntasheri, S., Gillies, R.M., & Wright, T. 2016. The effectiveness of a guided inquirybased, teachers’ professional development programme on students’ understanding of density. Science Education International, 27(1):16-39.

Durak, G., Ozkeskin, E.E., &Ataizi, M. 2016. QR codes in education and communication. Turkish Online Journal of Distance Education, 17(2):42-58.

Fitriyani, R. Haryani, S., & Susatyo E.B. 2017. Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2):1957-1970

Guritno, T.A.M.R., Masykuri, M., & Ashadi. 2015. Pembelajaran kimia melalui model pemecahan masalah dan inkuiri terbimbing ditinjau dari keterampilan proses sains (KPS) dasar dan sikap ilmiah siswa. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 4(1):1-19.

Handayani, B.T., Arifuddin, M., & Misbah. 2017. Meningkatkan keterampilan proses sains melalui model guided discovery learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3):143154

Istiana, G.A., Nugroho, A.C.S., & Sukardjo, J.S. 2016. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pokok bahasan larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA semester II SMAN Ngemplak. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2):63-73.

Kemdikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud Kholifah, S.N. & Suyanto, S. 2017. Penyusunan LKS guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pengetahuan siswa materi animalia. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(4):212-223

Law, C. & So, S. 2010. QR codes in education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 3(1):85-100

Lee, J-K., Lee, I-S., & Kwon, Y-J. 2011. Scan & learn! use of quick response code & smartphones in a biology field study. The American Biology Teacher, 73(8):485492

Maladjuna, D.A., Saehana, S., & Syamsu. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1):7-10.

Mehendale, D., Masurekar, R., Nemade, S., & Shivthare, S. 2017. To study the use of QR code in the classroom to enhance motivation, communication, collaboration and critical thinking. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, 5(4):6987-6993

Mustakim, S., Walanda, D.K., & Gonggo, S.T. 2013. Penggunaan QR code dalam pembelajaran pokok bahasan sistem periodik unsur pada kelas X SMA Labschool Untad. Jurnal Akademika Kimia, 2(4):215-221

Mutrovina, N. & Syarief, S.H. 2015. Meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi reaksi reduksioksidasi di kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Journal of Chemical Education, 4(3):446-471.

Nur’aini, Susanti, R. dan Zen, D. 2015. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di kelas XI MIA 1 SMA negeri 1 Indralaya. Jurnal Pembelajaran Biologi, 2(2):199-205

| JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 3(2), 75-87, 2019

Prahani, B.K., Limatahu, I., Soegimin, Yuanita, L., & Nur, M. 2017. Effectiveness of physics learning material through guided inquiry model to improve student’s problem solving skills based on multiple representation. International Journal of Education and Research, 4(12):231-242

Puspendik. 2018. Laporan Hasil Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018. Jakarta: Balitbang, Kemdikbud

Rahmani, Halim, A., & Jalil, Z. 2016. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa sekolah dasar. Jurnal Pencerahan, 10(2):74-80.

Rahmawati, R., Haryani, S., & Kasmul. 2014. Penerapan praktikum berbasis inkuiri untuk meningkatkan ketrampilan proses sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2):1390-1397.

Sakdiah, Mursal, & Syukri, M. 2018. Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep dan KPS pada materi listrik dinamis siswa SMP. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 2(1):41-49

Saidaturrahmi, Gani, A., & Hasan, M. 2019. Penerapan lembar kerja siswa inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1):1-8.

Sani, R.A. 2019. Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tanggerang: Tira Smart

Sarlivanti, Adlim, & Djailani. 2014. Pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada pokok bahasan larutan penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 2(1):75-86.

Sihaloho, H.W., Sahyar, & Mariati, P.S. 2017. The effect of inquiry training learning model on science process skills and student learning outcomes. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(6):46-51

Silaban, A. & Simajuntak, M.P. 2017. Improvement of Science Process Skill and Understanding The Concept of Physics Using Inquiry Learning Models Leading. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(5):49-52.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, S., Santoso, B.B., & Suparman, A.R. 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di SMA Negeri 1 Manokwari. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1):21-30

Ural, E. 2016. The effect of guided-inquiry laboratory experiments on science education student’s chemistry laboratory attitudes, anxiety and achievement. Journal of Education and Training Studies, 4(4):217-227.

Yeritia, S., Wahyudi, & Rahayu, S. 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2):181-187

Yuniastuti, E. 2013. Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V1 Balikpapan, Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP) Universitas Pendidikan Indonesia, 13(1):21-28

Zani, R., Adlim, & Safitri, R. 2018. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 2(2):56-63.




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.