Studi Profil Literasi Sains Siswa dan Pembelajarannya di SMP Kota Banda Aceh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afina, D.R., Hayati, M.N., & Fatkhurrohman, M.A. 2021. Profil capaian kompetensi literasi sains siswa SMP Negeri Kota Tegal menggunakan PISA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1):10-21.
Arsyad, M. 2016. Penyajian aspek literasi sains pada pembelajaran IPA di SMP Kota Bandung, Tesis, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.
Asyhari, A. 2015. Profil peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2):179-191.
Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. 2017. Analysis of science literacy learning with scientific inquiry approach in increasing science competence of students. Journal of Primary Education, 6(3):174–184.
Hasasiyah, S.H., Hutomo, B.A., Subali, B., & Marwoto, P. 2020. Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi sirkulasi darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1):5-9.
Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. 2019. Analisis profil kemampuan literasi sains siswa SMP/MTs di Kabupaten Pati. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1):36-47.
Kusumastuti, R.P., Rusilowati, A., & Nugroho, S.E. 2019. Pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap literasi sains siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3):254-261.
Merta, I.W., Artayasa, I.P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. 2020. Profil literasi sains dan model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan literasi sains. Jurnal Pijar MIPA, 15(3):223-228.
Narut, Y.F. & Supardi, K. 2019. Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran IPA di Indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1):61-69.
OECD. 2019. Pisa 2018 assessment and analytical framework. Paris: OECD Publishing.
OECD. 2019. PISA 2018 insight and interpretations. Paris: OECD Publishing.
OECD. 2019. PISA 2018 result (volume I): what students know and can do. Paris: OECD Publishing.
Putri, M.D. 2021. Identifikasi kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(01):9-17.
Rohmah, I.L. & Hidayati, S.N. 2021. Analisis literasi sains peserta didik SMPN 1 Gresik. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(3):363-369.
Rokhmah, A., Sunarno, W., & Masykuri, M. 2016. Science literacy indicators in optical instruments of highschool physics textbooks chapter. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13 (1):19-24.
Rosidi, I. 2021. Profil literasi sains aspek kompetensi siswa pondok pesantren di masa pandemi dengan menggunakan penilaian berbasis digital. Natural Science Education Research, 4(1):1-9.
Rusilowati, A., Lina, K. Sunyoto, E., & Arif, W. 2016. Developing an instrument of scientific literacy assessment on the cycle themes. International Journal of environment and Science Education, 11(12):5718-5727.
Rubini, B., Ardianto, D., Pursitasari, I.D., & Permana, I. 2016. Identify scientific literacy from the science teachers’ perspective. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2):299-303.
Situmorang, R.P. 2016. Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya Widya, 32(1):49-56.
Sukmawati, W. 2014. Pembelajaran kontekstual dengan saintifik inkuiri pada pokok bahasan klasifikasi materi untuk meningkatkan literasi dan sikap sains siswa, Tesis, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sholahuddin, A., Sari, M.M., Amin, C., & Muslim, M. 2021. Tingkat literasi sains siswa SMP Kotamadya Banjarmasin. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
Sukowati, D., Rusilowati, A., & Sugianto. 2017. Analisis kemampuan literasi sains dan metakogntif peserta didik. Physics Communication, 1(1):16-22.
Vashti, T.A., Hairida, H., & Hadi, L. 2020. Deskripsi kemampuan literasi sains siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. EduChem, 1(2):43-48.
Winaryati, E. 2013. Evaluasi pembelajaran guru IPA SMP di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 1(1):16-25.
Wen, C.T., Liu, C.C., Chang, H.Y., Chang, C.J., Chang, M.H., Chiang, S.H.F., & Hwang, F.K. 2020. Students’ guided inquiry with simulation and its relation to school science achievement and scientific literacy. Computers and Education, 149:103830.
DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23446
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal IPA & Pembelajaran IPA
Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA
ISSN 2614-0500 (print) | 2620-553X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email : jipi@unsyiah.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.