PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING MATERI STOIKIOMETRI PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR I UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Mukhlis Mukhlis

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran model problem solving materi stoikiometri pada mata kuliah Kimia Dasar I, terhadap peningkatan motivasi belajar, KGS dan pemahaman konsep mahasiswa dan mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model tersebut. Sampel penelitian diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir untuk KGS dan pemahaman konsep, serta uji angket motivasi belajar mahasiswa. Pengolahan data dilakukan dengan uji t-test untuk uji beda. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Kimia FITK UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian menunjukkan, skor nilai rata-rata motivasi belajar meningkat dari 53,77 menjadi 87,25 dan skor N-gain rata-rata 72,18, termasuk kategori tinggi. Kemudian skor nilai KGS mahasiswa meningkat dari 38,71 menjadi 74,52 dan pemahaman konsep mahasiswa dari 39,03 menjadi 79,53. Skor N-gain kedua variabel tersebut sebesar 59,84 dan 66,72, termasuk kategori sedang. Hasil uji t-test kedua variabel tersebut pada interval kepercayaan 95%, nilai t(hitung) yaitu 12,09 dan 19,15. Nilai t(tabel) = 1,70, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara tes awal dan tes akhir KGS dan pemahaman konsep mahasiswa. Adapun tanggapan mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran model problem solving,  menunjukkan skor nilai rata-ratanya sebesar 80,83%, termasuk kategori baik.   

Kata Kunci : Problem solving, motivasi belajar, KGS, Pemahaman Konsep, Stoikiometri.

 

Abstract. This study aims to determine the aplication effect of problem solving model learning in stoichiometry for the Chemistry I subject, with increasing of learn motivation, KGS and students conceptual understanding and then determine the students response for problem solving learning model. The researching sample given treatment by  problem solving learning model The data collection done by a pretest and postest for KGS and students conceptual understanding, then learning motivation by questionnaire test. The data processed  by t-test for different test between pretest and posttes. This research study conducted at Education Chemical Studies Program, FITK UIN Ar-Raniry. The results showed that the average scores of learning motivation  increased from 87.25 into 53.77 and average N-gain score 72.18, included of high category. Then the KGS student scores increased from 38.71 into 74.52 and students conceptual understanding from 39.03 into 79.53. The average N-gain  scores both variables at 59.84 and 66.72, into medium category. The results of  t-test these two variables at confidencing interval for 95%, the value of t(count) are 12.09 and 19.15. Then the t(table) = 1.70, so there is a significant difference between the pretest and posttest of KGS and students conceptual understanding. The student response with problem solving learning model aplication, showing the average scores of 80.83%, included both category. The students strongly to solving for every problem in stoichiometry at subject of Chemistry I.

Keywords: Problem solving, motivation, KGS, concepts understanding, stoichiometry.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unsyiah
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : info jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.