PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

M. Isa, Ibnu Khaldun, A. Halim

Abstract


Abstrak. Telah dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa pada materi hidrokarbon di SMA Negeri 1 Tanah Luas Aceh Utara mulai bulan April sampai bulan Mei 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa serta tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen “Pretest-posttes Control group Design”. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan instrument soal objektif bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data adalah independent sample t-test dan wilcoxon test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain pemahaman konsep kelas eksperimen (71) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata N-gain siswa kelas kontrol (47). Rata-rata N-gain berpikir kritis siswa kelas eksperimen (62) lebih tinggi dibandingkan rata-rata N-gain (44) siswa kelas kontrol. Hasil uji wilcoxon diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol dengan J hitung = 48,5 dan J tabel= 89 serta terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol dengan J hitung = 69,5 dan J tabel= 89. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI mendapat tanggapan positif dari siswa kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) memberi hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Model kooperatif tipe TAI, pemahaman konsep, berpikir kritis, hidrokarbon


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unsyiah
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi
Email     : info jipi@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

© Author 2018 all rights reserved