Penggunaan Media Sosial pada Calabai di Sulawesi Selatan

Tuti Bahfiarti, Aurellia Addie Zeeva Theriady, Devi Akmalia, Teguh Ardiansyah Sabir

Abstract


Media sosial, seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp memudahkan proses interaksi dan komunikasi. Calabai sebagai komunitas di Sulawesi Selatan juga memanfaatkan media sosial tersebut untuk berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pemanfaatan media sosial di kalangan calabai di Sulawesi Selatan. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan tiga orang calabai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dominan di kalangan calabai adalah Instagram, Facebook dan WhatsApp. Pemanfaatan media sosial calabai untuk bisnis dan mempromosikan pekerjaan sebagai indo’botting. Calabai juga menggunakan media sosial sebagai sarana mengaktualisasikan diri, kebebasan berekspresi, menambah pertemanan baik komunitas calabai maupun masyarakat. Media sosial meningkatkan potensi keterbukaan diri calabai dalam mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat.

Social media, such as Instagram, Facebook and WhatsApp, facilitate the process of interaction and communication. Calabai, as a community in South Sulawesi, also uses social media to communicate. This study aims to describe the use of social media among calabai in South Sulawesi. The research is a qualitative descriptive study using in-depth interviews with three calabai. The results showed that the dominant use of social media among calabai were Instagram, Facebook and WhatsApp. The utilization of social media by calaibai is for business and promoting work as indo'botting. Calabai also deploys social media as a means of self- actualization, freedom of expression, adding friendships to both the calabai community and the wider community. Social media increases the self-disclosure of calabai for self-actualization in social life.


Keywords


Calabai; Calabai; Keterbukaan Diri; Media Sosial; Self Disclosure; Social Media; South Sulawesi; Sulawesi Selatan

Full Text:

PDF

References


Arianto, & Bahfiarti, T. (2020). Computer Mediated Communication Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Avant Garde, 8(1), 60–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36080/ag.v8i1

Arindita, R., Nasucha, M., Arifah, N., & Lubna, S. (2021). Impression Management Komunitas Daring. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 2614–218. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JKG/article/view/19934/14196.

Aw, S. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bagdikian, B. H. (2004). The New Media Monopoly. Beacon Press Wood.

Curran, J., & Lennon, R. (2011). Participating in the conversation: exploring usage of social media networking sites. Academy of Marketing Studies Journal, 15(1), 21–38.

Davies, S. G. (2010). Gender Diversity in Indonesia: Sexuality, Islam and Queer Selves. Routledge.

Firdaus, S. (2017). Perilaku Komunikasi Kelompok Waria Dalam Menjalin Hubungan Sosial di Kabupaten Maros. Universitas Hasanuddin.

Fuchs, C. (2014). Social Media A Critical Introduction. SAGE Publication, Ltd.

Hariwibowo, S. (2017). Penerimaan Diri Dan Penerimaan Sosial Terhadap Gay Di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin.

Hartarini, Y. M. (2012). Komunitas Adat Bissu: Waria Bertalenta Sakti Sebuah Analisis Sosio-Budaya Etnis Bugis. Majalah Ilmiah Informatika, 3(2), 196– 217. http://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalahilmiah-informatika/article/view/67/104

Helpiastuti, S. B. (2017). Media Sosial dan Perempuan (Analisis Wacana terhadap Facebook Sebagai Media Komunikasi Terkini Bagi Perempuan). https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/79322/Media Sosial dan Perempuan - Selfi.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Kaharfin, L. H. (2018). Komunikasi Interpersonal Waria Dalam Mengelola Konflik dan Norma Sosial di Masyarakat (Studi Fenomenologi di Kabupaten Maros). Universitas Hasanuddin.

Karjaluoto, E. (2008). A Primer in Sosial Media. A Smash LAB White Paper.

Laksana, N. Y., & Fadhilah, A. (2021). Computer-Mediated Communication and Interpersonal Communication in Social Media Twitter Among Adolescents. Journal of Social Studies (JSS), 17(1), 65–78. https://doi.org/doi: 10.21831/jss.v17i1. 39015. 65-78

Laughey, D. (2007). Themes in Media Theory. Open University Press.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Salemba Humanika.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publications.

Neuman, L. W. (2006). Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson Education, Inc.

Pelras, C. (2006). Manusia Bugis. Penerbit Nalar.

Pratiwi, F. D. (2014). Computer Mediated Communication (CMC) Dalam Perspektif Komunikasi Lintas Budaya (Tinjauan pada Soompi Discussion Forum Empress Ki Tanyang Shipper). Profetik: Jurnal Komunikasi, 7(1), 29–43.

Ruben, Brent, D., & Stewart, L. P. (1998). Communication and Human Behavior. Viacom Company.

Sabar, H., & Bahfiarti, T. (2020). Manajemen Konflik Interpersonal Ingroup Kaum Homoseksual Dalam Interaksi SosialDi Kota Makassar. Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 31–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31947/kareba.v9i1.8317

Sumange, H. H., & Soppeng, L. (2014). Menelusuri Keberadaan Bissu (Calabai) di Kabupaten Soppeng. Sulesana, 9(2), 53–60. journal.uinalauddin.ac.id/index.php/sls/article/view/1299

Suparno, B. A., Sosiawan, E. A., & Tripambudi, S. (2014). Computer Mediated Communication Situs Jejaring Sosial dan Identitas Diri Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 85–102. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/jik.v10i1.88

Thurlow, C., Lengel, L., & Tornic, A. (2004). Computer-Mediated Communication: Social Interaction and The Internet. In SAGE Publications Ltd. SAGE Publications Ltd.

Wood, A. F., & Smith, M. J. (2005). Online Communication: Linking Technology, Identity and Culture. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v10i2.22343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Komunikasi Global (JKG)
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala
Jln. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh, 23111
Telp.  (0651) 7555267
Email: jkg@unsyiah.ac.id

 

Published by:

 

Indexed by: