Representasi Busana Muslim Pemuda Hijrah di Channel Youtube Shift Media

Yogi Muhamad Yusuf, Vikry Abdullah Rahiem, Wawan Wartono, Charisma Asri Fitrananda

Abstract


Busana secara simbolik merupakan bentuk komunikasi nonverbal yang dapat mengikat suatu komunitas. Pemuda hijrah dalam komunitas Shift di Y outube berusaha menyajikan keberagaman busana dan citra simbolis dalam video-video dakwah yang menampilkan Ustaz Hanan Attaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi busana muslim yang ditampilkan oleh Pemuda Hijrah di Channel Youtube Shift Media dalam rangka menarik perhatian generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah studi etnografi virtual, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan teori interaksi simbolik. Hasil penelitian menunjukkan representasi busana muslim yang ditampilkan dalam video komunikasi dakwah Pemuda Hijrah di Channel Youtube Shift Media bertujuan untuk melakukan pembauran dengan jamaah anak muda. Dengan menentukan segmentasi khalayak, kreator Channel Youtube Shift Media mencoba untuk menggeser busana muslim menjadi busana kasual yang lebih dekat dengan milenial saat mendatangi kegiatan kajian dakwah. Proses kontruksi makna denotatif busana muslim ditandai oleh Ustaz Hanan Attaki yang kerap tampil dengan menggunakan kemeja, kaos atau sweater dan penutup kepala model reggae (topi kupluk).


Symbolically, clothing is a form of nonverbal communication that can bind a community. Pemuda Hijrah in the Shift community on Youtube tries to present various clothing and symbolic images in da'wah videos featuring Ustaz Hanan Attaki. This study aims to find out how Pemuda Hijrah displays the representation of Muslim clothing on the Shift Media Youtube Channel to attract the attention of millennial generation. The research method used is a virtual ethnographic study, with a qualitative descriptive approach and using symbolic interaction theory. The results of the study show that the representation of Muslim clothing displayed in the communication video of Pemuda Hijrah propaganda on the Shift Media Youtube Channel aims to mingle with young congregations. By determining the segmentation of the audience, the creators of Channel Youtube Shift Media are trying to Shift Muslim clothing into casual clothing that is more suited to millennials when they come to da’wah activities. The process of constructing the denotative meaning of Muslim clothing was marked by Ustaz Hanan Attaki, who often appeared wearing a shirt, t-shirt or sweater and a reggae-style head covering.



Keywords


Citra Simbolis; Da’wah Communications; Komunikasi Dakwah; Komunitas Shift; Shift Community; Symbolic Image; Youtube

Full Text:

PDF

References


Damayanti, S. I. (2014). Perkembangan Desain Busana Muslim Dalam Tinjauan Sosiologis. Corak, 3(1), 53–63. https://doi.org/10.24821/corak.v3i1.2344

Eriyanto. (2011). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKIS.

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. 5(2).

Helmy, M., & Ayuni, R. D. (2019). Komunikasi Dakwah Digital : Menyampaikan Konten Islami Lewat Media Sosial Line ( Studi Deskriptif Pada Akun Line 3Safa ). MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).

Hisyam, M., Turmudi, E., Purwoko, D., & Santoso, W. M. (2019). Fesyen Muslimah dan Transformasi Kultural. LIPI.

Irama, D. H. (2012). Busana Wanita Muslim Sebagai Presentasi Diri Dina Hakha Irama. Istiani, A. N. (2015). Konstruksi Makna Hijab Fashion Bagi Moslem Fashion Blogger. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.24198/jkk.vol3n1.6

Khumaedi, T., & Fatimah, S. (2019). Urgensi Dakwah Melalui Media Sosial. Jurnal Al-Mubin.

Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Etnographic Research Online. Sage Publications.

Liebermann, R. (2021). Clothing and body modification in the Hebrew Bible. Religion Compass, 15(3), 1–15. https://doi.org/10.1111/rec3.12389

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2016). Ensiklopedia Teori Komunikasi. Kencana.

Mahadi, U. (2012). Komunikasi Dakwah Kaum Migran Studi Komunikasi Antarbudaya Dengan Pendekatan Fenomenologi Pada Dai Kaum Migran Dalam Dakwah Islam di Kota Bengkulu (Disertasi, Universitas Padjadjaran).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis. Sage Publications.

Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya.

Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Myers, K. K., & Sadaghiani, K. (2010). Millennials in the Workplace: A Communication Perspective on Millennials’ Organizational Relationships and Performance. Journal of Business and Psychology, 25, 225–238.

Nazir, M. I. (2019). Media Sosial dan Wanita Menurut Islam. Prosiding Seminar Sains Teknologi Dan Manusia 2019, 32(2016), 1527–1536.

Nurrahmi, F., & Farabuana, P. (2020). Efektivitas Dakwah melalui Instagram. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 1–16.

Omar, F. I., Rosli, H. F., Zakaria, N. A., & Abdullah, N. N. D. (2015). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dan Penerimaan Mesej Dakwah. Proceeding of the 2nd International Conference on Management and Muamalah 2015, November, 181– 191. http://www.kuis.edu.my/icomm/2nd/download/IC 013.pdf

Pratama, Y. (2019). Konstruksi Sosial Pada Pengguna Cadar dan Celana Cingkrang Studi Deskriptif Tentang Konstruksi Sosial Pada Pengguna Cadar Dan Celana Cingkrang Di Kabupaten Garut Yonas Pratama Fakultas Komunikasi dan Informasi , Konsentrasi Public Relations , Universitas. Jurnal Komunikasi Universitas Garut.

Rahman, T. (2020). Komunikasi Dakwah Untuk Kaum Milenial Melalui Media Sosial. At-Tadabbur: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(Desember), 67–85. www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id

Ritonga, M. (2019). Komunikasi Dakwah Zaman Milenial. Jurnal Komunikasi Islam, Vol.3(1), 60–77.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2014). Teori Sosiologi. Kreasi Wacana.

Sadly, E. (2018). Manajemen Dakwah Media Sosial : Telaah Terhadap. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), 3(2), 44–50.

Sari, A. N., & Mahadian, A. B. (2018). Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah Studi Fenomenologi Pelaku Hijrah dalam Shift Gerakan Pemuda Hijrah di Kota Bandung. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).

Setiawati, K. (2019). Hijrah Baru Di Kalangan Anak Muda Antara Keshalehan Dan Gaya Hidup.

Sumadi, E. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi.

Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 173–190.

http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/2912/2083

Wibowo, I. S. W. (2011). Semiotika Komunikasi. Mitra Wacana.




DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v10i2.23093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Komunikasi Global (JKG)
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala
Jln. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh, 23111
Telp.  (0651) 7555267
Email: jkg@unsyiah.ac.id

 

Published by:

 

Indexed by: