PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA

Maya Audina, Muhammad Idham

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Media Gambar Seri pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Kelas X di SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya” ini mengangkat masalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis teks negosiasi di kelas X SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis teks negosiasi di kelas X SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan pengolahan data dengan menganalisis RPP yang telah disusun oleh guru, mengamati pelaksaan pembelajaran dengan teknik rekan catat, serta evaluasi pembelajaran berdasarkan penilaian yang guru berikan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa RPP yang disusun oleh guru sudah lengkap, tetapi belum sesuai pada bagian rubrik penilaian. Proses pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung cukup baik. Evaluasi pembelalajaran berupa evaluasi proses dan hasil evaluasi sangat memuaskan dengan nilai rata-rata 85,24. Dengan demikian, nilai rata-rata siswa menulis teks negosiasi di kelas X SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya tergolong sangat baik. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan pembelajaran menulis dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat memperoleh gambaran lain sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Pembelajaran, menulis, teks negosiasi, media gambar seri, RPP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.