PERFORMANSI GURU SMP NEGERI 8 BANDA ACEH DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN USAID PRIORITAS ACEH

Subhayni Subhayni

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kreativitas guru dalam pengembangan metode pembelajaran menulis puisi pada SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) mendeskripsikan kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran menulis puisi pada SMP Negeri 8 Banda Aceh. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kedua guru bahasa Indonesia yang mengajar di SMP Negeri 8 Banda Aceh termasuk guru yang kreatif dapat terlihat dari persiapan/perencanaan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Dalam pembelajaran menulis puisi guru dominan menggunakan metode kerja kelompok, tanya jawab dan penugasan sedangkan dalam penggunaan media guru menggunakan media luar ruang, gambar dan contoh puisi bertemakan keindahan alam. Unsur kreatif dalam penggunaan metode yang terlihat yaitu cara guru membagikan kelompok, menamai setiap kelompok dan membuat nomor undian tampil saat siswa membacakan puisi sedangkan unsur kreatif dalam penggunaan media pembelajaran yang terlihat yaitu guru menggunakan media luar ruang, gambar dan membagikan contoh puisi kepada siswa. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan kreativitas pembelajaran menulis puisi baik pada jenjang SMP/MTs maupun pada jenjang SMA/MA dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat diungkapkan hal-hal yang belum terungkap dalam penelitian ini.

Kata kunci : Kreativitas guru, pembelajaran, menulis puisi.

 

ABSTRACT

 

This study aims to (1) describe the creativity of teachers in the development of poetry writing learning methods in SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) to describe the creativity of teachers in the development of poetry writing media in SMP Negeri 8 Banda Aceh. The data source of this research is Indonesian language teacher at SMP Negeri 8 Banda Aceh. The method used qualitative descriptive method. Data collection was done by observation, interview, and documentation. The results of this study indicate that in general the two Indonesian language teachers who teach at SMP Negeri 8 Banda Aceh including creative teachers can be seen from the preparation / planning of learning and class management. In learning to write poetry teacher dominant use group work method, question and answer and assignment whereas in use of media teacher use media outdoor, picture and example poem themed natural beauty. The creative element in the use of visible methods is the way the teacher distributes the group, naming each group and making the lottery numbers appear when the students recite the poem while the creative element in the use of visible media learning is the teacher using outdoor media, drawing and distributing samples of poetry to the students. Suggested research related to creativity of learning to write poetry both at junior high school / MTs and at level SMA / MA can be continued by other researcher so that can be expressed things that have not been revealed in this research.

Keywords:Teacher creativity, learning, writing poetry

* Penulis adalah staf pengajar tetap Jurusan PBSI FKIP Unsyiah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.