KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 BANDA ACEH MENULIS TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI

Mutiara Armita, Yusri Yusuf, Ridwan Ibrahim

Abstract


ABSTRAK

 

Salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI dalam kurikulum 2013 adalah teks cerita ulang biografi. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 5 Banda Aceh menulis teks cerita ulang biografi.Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 5 Banda Aceh menulis teks cerita ulang biografi ditinjau berdasarkan struktur teks dan kaidah kebahasaan.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif.Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kerja siswa kelas XI SMK Negeri 5 Banda Aceh.Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMK negeri 5 Banda Aceh.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 5 Banda Aceh dikategorikan cukup.Skor yang diperoleh oleh siswa untuk keseluruhan aspek adalah 64, skor ini berada pada rentang nilai 56–69 yang merupakan rentang nilai untuk kategori cukup. Berdasarkan aspek penilaian struktur teks, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 58 dan untuk aspek kaidah kebahasaan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 66, kedua skor tersebut juga ada pada rentang nilai 56–69 yang artinya berada pada kategori cukup. Menurut klasifikasi hasil pemerolehan skor, skor paling dominan yang diperoleh oleh siswa juga ada pada rentang 56–69, yaitu menempati kategori cukup.Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa SMK Negeri 5 Banda Aceh menulis teks cerita ulang biografi dikategorikan pada kategori cukup.

Kata kunci: Menulis, teks, cerita ulang, biografi      

ABSTRACT

One Indonesian learning material in the eleventh grade curriculum of 2013 is re-biographical story text. This study seeks to reveal the ability of class XI student of SMK Negeri 5 Banda Aceh to write the story text biography. Based on the formulation of the problem, this study aims to describe how the ability of class XI student of SMK Negeri 5 Banda Aceh to write the story text biographies reviewed based on text structure and rules of language. The approach used is a quantitative approach with descriptive methods. The data were obtained from the working class XI student of SMK Negeri 5 Banda Aceh. Subjects of this study is a class XI student of SMK 5 Banda Aceh. The data collection was done by using nontes. The results showed that the ability of class XI student of SMK Negeri 5 Banda Aceh categorized enough. Scores obtained by the students for the entire aspect is 64, the score is in the range of 56-69 which is the value of the range of values for the category enough. Based on the assessment aspects of text structure, the average value obtained student is 58 and for aspects of linguistic rules mean value obtained was 66, the two scores are also in the range of 56-69, which means the value in the category enough. According to the classification result of the acquisition of the score, the dominant score obtained by the students also is in the range 56-69, which occupies a category enough. Thus, the results of this study indicate that the ability of students of SMK Negeri 5 Banda Aceh to write the story text biography are categorized in category enough.

Keywords: writing, text, repeated story, biography

Refbacks

  • There are currently no refbacks.