PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA TARGET BAGI PENUTUR BAHASA KOREA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Dewi Puspita, Saifuddin Mahmud

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian yang berjudul “Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Target bagi Penutur Bahasa Korea di Universitas Syiah Kuala” ini mengangkat masalah (1) bagaimanakah penguasaan kosakata bahasa Indonesia bagi penutur bahasa Korea di  Universitas Syiah Kuala melalui proses pemerolehan bahasa, (2) bagaimanakah penguasaan kosakata bahasa Indonesia bagi penutur bahasa Korea di  Universitas Syiah Kuala melalui proses pembelajaran bahasa, (3) jenis kata apakah yang dikuasai penutur bahasa Korea di Universitas Syiah Kuala melalui proses pemerolehan bahasa, dan (4) jenis kata apakah yang dikuasai penutur bahasa Korea di Universitas Syiah Kuala melalui proses pembelajaran bahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik penelitian kualitatif.Data penelitian ini diperoleh melalui dua situasi, yaitu situasi nonformal dan formal. Situasi nonformal berlangsung pada saat proses pemerolehan bahasa, sedangkan situasi formal berlangsung pada saat proses pembelajaran bahasa. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simak dengan teknik simak libat cakap. Data penelitian juga dikumpulkan menggunakan seperangkat instrumen dalam bentuk catatan lapangan dan  rekaman. Sumber data penelitian ini adalah tuturan sepasang suami-istri berkewarganegaraan Korea Selatan yang berdomisili di International Family House-Office of International Affairs,Syiah Kuala University, Darussalam, Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Indonesia sebagai bahasa target bagi penutur bahasa Korea di Universitas Syiah Kuala melalui proses pemerolehan bahasa diperoleh secara alamiah, tanpa perencanaan,  dan tidak melalui usaha belajar yang formal. Urutan kosakata yang diperoleh umumnya berawal dari bentuk kompleks menuju ke bentuk dasar. Kosakata bahasa Indonesia yang dikuasai penutur bahasa Korea melalui proses pemerolehan bahasa tersebut merupakan hasil eksplorasi sendiri di lapangan. Di samping itu, penguasaan kosakata bahasa Indonesia sebagai bahasa target bagi penutur bahasa Korea di Universitas Syiah Kuala melalui proses pembelajaran bahasa diperoleh secara formal di dalam kelas dengan bimbingan seorang guru dan seperangkat alat pembelajaran yang telah dipersiapkan. Urutan kosakata yang diperoleh selalu berawal dari bentuk dasar menuju ke bentuk kompleks. Kosakata bahasa Indonesia yang dikuasi penutur bahasa Korea melalui proses pembelajaran bahasa disusun secara tematik ke dalam 12 topik. Topik 1 mengenal tentang jenis-jenis pekerjaan rumah tangga.Topik 2 mengenal tentang nama-nama makanan dan minuman khas Indonesia.Topik 3 mempelajari tentang alam Kota Banda Aceh, seperti musim, cuaca, dan keadaan geografis. Topik 4 mempelajari tentang nama buah-buahan dan sayur-sayuran. Topik 5 membahas tentang pendidikan, baik formal maupun nonformal.Topik 6 mengenal tentang nama-nama profesi.Topik 7 membahas tentang peran pemuda.Topik 8 mendiskusikan tentang penyebab kemacetan lalu-lintas.Topik 9 mengenal objek dan kegiatan saat berwisata.Topik 10 mengetahui sifat dan karakter masyarakat Aceh.Topik 11 mengenal agama dan tradisi yang berkembang dalam masyarakat Aceh. Adapun topik yang terakhir, yaitu topik 12 bercerita tentang peristiwa atau bencana alam yang pernah melanda Aceh ataupun kota-kota lain di Indonesia. Jenis kata yang dikuasai penutur bahasa Korea melalui proses pemerolehan bahasa adalah nomina, verba, adverbia, dan adjektiva. Adapun jenis kata yang dikuasai penutur bahasa Korea melalui proses pembelajaran bahasa juga meliputi nomina, verba, adverbia, dan adjektiva. Setelah menguasai kosakata baik melalui pemerolehan maupun pembelajaran bahasa, penutur bahasa Korea tersebut memakainya ke dalam kalimat yang sesuai dengan konteks. Pelafalan bahasa Indonesia penutur bahasa Korea pun menjadi perhatian peneliti, namun tidak memaksakan penutur bahasa Korea tersebut untuk dapat melafalkannya sama seperti penutur asli.

Kata kunci: Kosakata bahasa Indonesia, bahasa target, penutur bahasa Korea

 

ABSTRACT

 

The study, titled "Mastery of Indonesian Vocabulary as a Target Language for Korean Language Speakers at Syiah Kuala University" This raised the question (1) how the Indonesian vocabulary for Korean language speakers at Syiah Kuala University through the process of language acquisition, (2) how the Indonesian vocabulary for  Korean languagespeakers at Syiah Kuala Universitythrough the language learning process, (3) the type of word which mastered by Korean language speakers at Syiah Kuala University through the process of language acquisition, and (4) the type of word which mastered by Korean languagespeakers at Syiah Kuala Universitythrough the language learning process. The method used is descriptive method with qualitative research techniques. The research data was obtained through two situations, namely non-formal and formal situation. Informal situation took place during the process of language acquisition, while formal situation took place during the process of language learning process. Data collected through methods refer to refer to the techniques involved capably. The research data were collected using a set of instruments in the form of field notes and recordings. The data source of this research is the narrative of a couple South Korean citizen residing in the International Family House-Office of International Affairs, Syiah Kuala University in Darussalam, Banda Aceh. The results showed that the Indonesian vocabulary as a target language for Korean language speakers at Syiah Kuala University through the process of language acquisition is obtained naturally, without planning, and not through the efforts of formal learning. Vocabulary sequences obtained generally begins with a complex shape heading into the basic shape. Indonesian vocabulary-masteredby Korean language speakers through the process of language acquisition is the result of its own exploration in the field. In addition, the Indonesian vocabulary as a target language for Korean languagespeakers at Syiah Kuala University through language learning gained formally in the classroom with the guidance of a teacher and a set of learning tools that have been prepared. Vocabulary sequences obtained always starts from the basic shape heading into complex shapes. Indonesian vocabulary-mastered by Korean language speakers through the language learning process arranged thematically into 12 topics. Topic 1 tells about the kinds of housework. Topic 2 tells about the names of Indonesian food and drink. Topic 3 learn about the nature of Banda Aceh, such as the seasons, weather and geographic conditions. Topic 4 learn about the names of fruits and vegetables. Topic 5 discusses the topic of education, both formal and informal. Topic 6 tells about the names of profession. Topic 7 discusses the role of youth. Topic 8 discusses the causes of traffic jams. Topic 9 tells about familiar objects and activities while traveling. Topic 10 discusses about nature and character of the Aceh people. Topic 11 recognize religions and traditions that developed in Acehnese society. The last topic, topic 12 tells about events or natural disasters that struck Aceh or other cities in Indonesia. Type of word which masteredby Korean language speakers through the process of language acquisition are nouns, verbs, adverbs, and adjectives. As for the type of word which masteredbyKorean language speakers through the language learning process also includes nouns, verbs, adverbs, and adjectives. After mastering the Indonesian vocabulary either through language acquisition or language learning, the Korean language speakers use them into a sentence appropriate to the context. Indonesian pronunciation of Korean language speakers was a concern of researchers, but not to impose the Korean language speakers to be able to pronounce it just like a native speaker.

Keywords: Indonesian vocabulary, target language, Korean language speakers

Refbacks

  • There are currently no refbacks.