KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA PBSI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Ririn Rahayu

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan korelasi antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa PBSI FKIP Universitas Syiah Kuala. Asumsi dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya minat baca dan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa belum mendapatkan perhatian yang serius sejak dari SMP hingga jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Tindakan penelitian dilakukan dalam  dua  sesi: (1) pengumpulan data minat baca, dan (2) pengumpulan data untuk kemampuan membaca pemahahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman tidak signifikan dan memiliki hubungan sangat rendah. Dengan demikian, Ha dinyatakan ditolak, sedangkan H0 dinyatakan diterima. Artinya, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman

Kata kunci: Korelasi, minat baca, kemampuan membaca pemahaman

 

ABSTRACT

 

This study aims to describe the correlation between reading interest with reading comprehension skills of students of PBSI FKIP Syiah Kuala University. The assumption of this research is the low reading interest and reading comprehension ability of the students have not received serious attention since from junior high up to college level. This study uses a quantitative approach. The type of research used is descriptive quantitative. Research actions were conducted in two sessions: (1) data collection of reading interest, and (2) data collection for reading comprehension skills. The results showed that reading interest variable with reading comprehension ability was not significant and had very low relation. Thus, Ha is declared rejected, while H0 is accepted. That is, there is no significant relationship between reading interest with the ability to read comprehension
Keywords: Correlation, reading interest, comprehension reading ability

Refbacks

  • There are currently no refbacks.