RAGAM PERTANYAAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA

Ririn Rahayu, Trisfayani Trisfayani, Azhari Azhari

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam pertanyaan yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kecamatan Dewantara. Asumsi dilakukannya penelitian ini adalah terdapatnya pembelajaran yang tidak aktif yang diakibatkan oleh cara bertanya guru yang tidak tepat dalam pembalajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Dewantara. Tahapan  penelitian: (1) mencatat dan merekam semua dialog guru dengan siswa pada saat pembelajaran berlangsung; (2) mentranskripsikan data rekaman dengan teknik catat; (3) mengelompok data berdasarkan variabel; dan (4) menganalisis dan mendeskripsikan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Dewantara menggunakan dua ragam pertanyaan: (1) ragam pertanyaan pengetahuan; dan (2) ragam pertanyaan pemahaman. Ragam pertanyaan yang paling dominan digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia  yaitu: ragam pertanyaan pengetahuan.

Kata kunci: Ragam; Pertanyaan; Guru; Pembelajaran; Bahasa; Indonesia

 

ABSTRACT

 

This study aimed to describe the variety of questions that teachers use in oth e disable in Indonesian SMP Negeri 1 Dewantara subdistrict. The assumption of this research is the presence of inactive learning that is caused by the way to ask teachers who are not appropriate in learning Indonesian. This research uses a qualitative approach. This type of research is analytical descriptive. The data source of this research is the teacher who teaches in class VII of Public Middle Schools in Dewantara District.   Research stages : ( 1 ) record and record all teacher dialogues with students when learning takes place; ( 2 ) transcribing recorded data with recorded techniques; ( 3 ) grouping data based on variables; and ( 4 ) analyze and describe the research data. The results showed that Indonesian language teachers who taught in class VII of SMP Negeri 1 Dewantara Subdistrict used two types of questions: (1) various questions of knowledge; and (2) various understanding questions . The types of questions most dominantly used by teachers in learning Indonesian are : a variety of knowledge questions .

Keywords : Variety ; Question; Teacher ; Learning ; Language ; Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.