PENGARUH KESADARAN MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK LUXURI FASHION BRAND DENGAN GENDER SEBAGAI MODERATING PADA PEMASARAN MEDIA SOSIAL DI KOTA BANDA ACEH

Novi Tria Mardalena, Abdul Rahman Lubis, Sorayanti Utami

Abstract


Abstract:The purpose of this study is to analyze (1)  the influence of brand awareness on the interest of buying luxury fashion brand product on social media marketing, (2)the influence of trust on buying interest of luxury fashion brand product on social media marketing, (3) the influence of buying luxury fashion brand product on social media marketing (4)the influence of brand awareness on buying interest of luxury fashion brand product with gender as moderating on social media marketing (5) influence of brand name to buying interest of luxury fashion brand product with gender as moderating on media marketing social, (6) the effect of product superiority on the buying interest of luxury fashion brand products with gender as moderating on social media marketing. This research was conducted in Kota Banda Aceh with object of brand awareness research, product superiority, trust and buying interest, with 150 respondents. The results of this study indicate that brand awareness affects consumer buying interest in brand fashion luxury products, brand trust also influence the buying interest of brand fashion luxury products, product excellence affect the consumer buying interest in luxury fashion brand products. Then the research result proves that brand awareness to the interest of buying luxury fashion brand product with gender as there are moderating influence, brand trust on buying interest of luxury fashion brand product with gender as there is moderating influence and there is influence of product superiority to buying interest of luxury fashion brand product with gender as moderating on social media marketing in Banda Aceh City

Keywords: Brand Awareness, Trust, Product Benefit, and Buying Interest

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengaruh kesadaran merek terhadap minat beli produk luxuri fashion brand pada pemasaran media sosial, (2) pengaruh kepercayaan terhadap minat beli produk luxuri fashion brand pada pemasaran media sosial, (3) pengaruh keunggulan produk terhadap minat beli produk luxuri fashion brand pada pemasaran media sosial (4) pengaruh kesadaran merek terhadap minat beli produk luxuri fashion brand dengan gender sebagai moderating pada pemasaran media sosial (5) pengaruh kepercayaan merek terhadap minat beli produk luxuri fashion brand dengan gender sebagai moderating pada pemasaran media sosial, (6) pengaruh keunggulan produk terhadap minat beli produk luxuri fashion brand dengan gender sebagai moderating pada pemasaran media sosial. Penelitian ini dilakukan di Kota Banda Aceh dengan objek penelitian kesadaran merek, keunggulan produk, kepercayaan dan minat beli, dengan jumlah responden penelitian sebanyak 150 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek berpengaruh terhadap minat beli produk luxury fashion brand, kepercayaan merek berpengaruh juga terhadap minat beli produk luxury fashion brand, keunggulan produk berpengaruh terhadap minat beli produk luxury fashion brand. Kemudian hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh kesadaran merek terhadap minat beli produk luxuri fashion brand dengan gender sebagai moderating, terdapat pengaruh kepercayaan merek terhadap minat beli produk luxuri fashion brand dengan gender sebagai moderating dan terdapat pengaruh keunggulan produk terhadap minat beli produk luxuri fashion brand dengan gender sebagai moderating pada pemasaran media sosial di Kota Banda Aceh.

Kata Kunci: Kesadaran Merek, Kepercayaan, Keunggulan Produk dan Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Engel. J.F.R.D Blacweil dan P. W Miniard, (2011), Prilaku Konsumen. Binapura Aksara. Jakarta.

Ghozali, Imam (2011) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, Evancevich (2011), Organisasi: Perilaku Struktur dan Proses, (Terjemahan), Binarupa Grasindo Persada, Jakarta

Gujarati, Damodar, (1999), Ekonometrika Dasar, Penerbit Erlangga Surabaya.

Hair, Joseph F. Jr. Rolph E. Anderson; Ronald L Tatham and William C. Black. (2000), Multivariat Data Analysis, 5th Ed. Upper-Saddle River, NJ: Prentica Hall, Inc.

Irem Eren Erdogmus dan Mesut Cicck, (2012) “The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty. Procedia Social and Behavioral Sciences, No, 58 Hal. 1353-1360.

Kotler, Philip, 2010, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control, Ninth Edition, Prentice Hall, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Malhotra, K, Naresh, (2013), Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Salusu (2011) Prilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk, 2000, Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Siagian, Sondang. P. (2011). Manajemen Stratejik. Bumi Aksara, Jakarta.

Uma Sekaran. (2013). Research Methods for Business (Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Winardi, (2011), Pemasaran Dan Prilaku Konsumen. Mandar Maju, Bandung.

Anggela J. Kim dan Eunju Ko, (2012) “Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity, An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal of Bussiness Research. Elsevier. Hal. 1480-1486.

Ariyan, Hendi (2010) Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen atas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Minuman Aqua di Kota Padang, Jurnal Manajemn UNP, Vol 2, No.1, Hal 1-11

Artha Wahyu Rina, Ronald, Amelia, (2014), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention melalui Social Media Marketing terhadap Produk Frozen Yogurt di Surabaya. Jurnal GEMA AKTUALITA, Vol. 3 No. 2, Desember 2014

Baskara. G.C et al. (2014) Pengaruh Brand Trust dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Pengiriman Paket Pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Semarang, Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science Tahun 2014, Hal. 1-9

Delgado-Ballester, Elena, Munuera-Aleman, Jose Louis & Yague-Guillen, Maria Jesus. (2003). Development and Validation of A Brand Trust Scale”, International, Journal of Market Research, vol. 45/1, p. 35-53

Eka S, (2013), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Patung Kayu Pada Toko Kerajinan (Art Shop) Di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali, Jurnal Ilmiah.

Tjahyadi, Rully Arlan. 2012. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2012.

Widodo, Meningkatkan Kinerja Pemasaran Dengan Kreativitas Strategi, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 1 N0. 2, Agustus-November 2013. Hal 151-175.

Riva Mulyati, (2009), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Membeli Laptop Merek X-Ware di Kota Banda Aceh, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Unsyiah.

Wulansari, Anette (2013) Pengaruh Brand Trust dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Ulang, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 1 Nomor 2, 2 maret, p.388-401.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.