FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANWIL DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN NEGARA ACEH

Erni Hayati Nasution, Said Musnadi, Faisal -

Abstract


AbstractThe purpose of this research is to know: (1) job involvement, work load, organizational culture, job satisfaction and performance of employee (2) the influence of work involvement, workload, organizational culture on employee performance, (3)the magnitude of work involvement, workload organisation culture on employee performance (4) the magnitude of the effect of job satisfaction on the performance of employees (5) the extent of indirect influence of involvement, workload and organizational culture on employee performance through employee job satisfaction. The object of this research is job involvement, work load, organizational culture, employee job satisfaction and employee performance. Data analysis equipment used in this research is descriptive test that is to test the descriptive statistic model based on mean value and verfikatif test by using data analysis equipment of structural equation modeling (SEM) with Amos program aid. The results showed that (1) work involvement, workload, organizational culture, job satisfaction and employee performance were running well, because the average value was higher than the expected average value, (2) job involvement, workload, organizational culture had positive effect (4) result of research also proves that job satisfaction influence to employee performance, (5) result of research also prove that there is influence of not direct involvement, workload and organizational culture on the performance of employees through job satisfaction of the staff of the Regional Office of the Directorate General of State Assets of Aceh.

Keywords:  Job Engagement, Workload, Organizational Culture, Job Satisfaction and Employee Performance

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) mendeskripsikan keterlibatan kerja, beban kerja, budaya organisasi, kepuasan kerja dan kinerja pegawai (2) besarnya pengaruh keterlibatan kerja, beban kerja, budaya organisasiterhadap kinerja pegawai, (3) besarnya pengaruh keterlibatan kerja, beban kerja, budaya organisasi terhadap kepuasan kerja (4) besarnya pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai (5) besarnya pengaruh tidak langsung keterlibatan, beban kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja pegawai. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah keterlibatan kerja, beban kerja, budaya organisasi, kepuasan kerja pegawai  dan kinerja pegawai. Peralatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji deskriptif yaitu untuk menguji model statistik deskriptif berdasarkan nilai rerata dan uji verfikatif dengan menggunakan peralatan analisis data structural equation modelling (SEM) dengan bantuan program Amos.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlibatan kerja, beban kerja, budaya organisasi, kepuasan kerja dan kinerja pegawai sudah berjalan dengan baik, karena diperoleh nilai rerata lebih besar daripada nilai rerata harapan, (2) keterlibatan kerja, beban kerja, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (3) terdapat pengaruh keterlibatan kerja, beban kerja, budaya organisasi terhadapkepuasankerjapegawai, (4) hasil penelitian juga membuktikan bahwa kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai, (5) hasil penelitian juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung keterlibatan, beban kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Aceh.

Kata kunci: Keterlibatan Kerja, Beban Kerja, Budaya Organisasi,Kepuasan Kerjadan Kinerja Pegawai


Full Text:

PDF

References


Allen, (2012), Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan,BPFE, Yogyakarta.

Cohen, (2013), Quality Function Deployment. How to Make QFD Work for You. Massachussets: One Jacob Way Reading, Addison-Wesley Publish Company.

Davis Keith, William Frederick, (2011), Perilaku Dalam Organisasi,Edisi ke tujuh, Jilid kedua. Erlangga, Jakarta.

Dhini Rama Dhania, (2010), Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Stui Kasus Pada Medical Representatif di Kota Kudus). Jurnal Psikologi. Vol. I. No. 1

Dwi Putra (2012) Menyusun Rencana Penelitian, Raja Grafindo Media, Jakarta.

Ferdinand, Agusty (2011), Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manjajemen, Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister & Disertasi Doktor, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hartanto (2014), Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan, CV. Haji Masagung, Jakarta.

Haryanto, (2014), Sistem Manajemen Basis Data: Pemodelan, Perancangan, dan Terapannya, Informatika, Bandung

Jones (2000), Investment: Analysis and Management (7th ed). New York: John Wiley & Sons.

Kanungo, R. N. (2013). Measurement of Job and Work Involvement. Journal of Applied Psychology, 67: 341–349.

Mangkunegara Anwar Prabu A. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Jakarta, PT. Remaja Rosdakarya.

Masrukhin dan Waridin (2012), Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 7, No. 2.

Mas’ud, Fuad (2014), Pemimpin dan Kepemimpinan, CV. Rajawali Jakarta

Mohamad Mahsun, (2013), The impact of Organizational Citizenship Behavior on Job Performance at Greater Amman Municipality. European Journal of Business and Management. Vol.7, No.36, 2015.

Momeni, M., Amir, B. M., Saadat, V. (2012). The relationship between organizational culture and organizational commitment in staff department of general prosecutors of Tehran. International Journal of Business and Social Science, 3(13)

Noe, R.A. (2011), Fundamental of Human Resources Management, 3rd ed. Mc Graw Hill, London, UK.

Peter dan Watermen (2012), Budaya Organisasi. Human Resource Management, Thompson Learning Asia, Singapore.

Prawirosentono, (2014), Kepemimpian dan Motivasi, Cetakan III, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soeprihantono (2011), Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan dan Pengembagan Karyawan, BPFE, Yogyakarta.

Susanto, (2007), Manajemen Personalia. Cetakan Kesembilan. Edisi Keempat, Jakarta:Ghalia Indonesia.

Waldman David A. (2012). The Contribution of Total Quality Management to A Theory of Work Performance. Academy of Management Review, Vol. 19

Wexly dan Yuki (2010), Kepemimpinan Dalam Organisasi.Jakarta: INDEKS

Widodo (2014), Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.