FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT BANDA ACEH DALAM PEMILIHAN ASURANSI JIWA SYARIAH

Jalaluddin Jalaluddin

Abstract


Abstract

The growth of Islamic Life Insurance in Banda Aceh is slow, yet it has been established since 1995. Besides, Aceh is implementing Islamic Sharia, including the economy, which is fair for people to choose Islamic Life Insurance. The goal of this research is to disclose the following; 1. What are the factors that affecting Banda Aceh citizen to choose Islamic Life Insurance? 2. How is the perspective of Banda Aceh citizen toward Islamic Life Insurance? 3. How is the the effect and correlation between their perspective with the process of choosing Islamic Life Insurance? The research is done through a questionnaire as primary data with Likert scale 1-5, the ability of research tools is measuredd by Cronbach Alpha 0.6 and the method of the research is quantitative method with multiple linear regression and correlation of computer software, SPSS version 21.0. The outcome of the research suggest that the independent variable, product and religiousness, significantly affecting the process of choosing Islamic Life Insurance. However, other variable such as price, place, and promotion are not significantly affecting the process of choosing Islamic Life Insurance in Banda Aceh. Thus, the people perspective toward the product and religiousness are the main factors. Furthermore, the the data suggested the the correlation between perspective with the process of choosing Islamic Life Insurance as 77.4 percent.

Keywords: product, price, place, promotion, and religiousness

 

Abstrak

Pertumbuhan Asuransi Jiwa Syariah di Banda Aceh berjalan secara lambat, padahal keberadaannya sudah sejak tahun 1995. Di sisi lain Aceh adalah daerah yang menerapkan syariat Islam, tidak terkecuali dalam bidang ekonomi, maka sepatutnya masyarakat memilih Asuransi Jiwa syariah sebagai pilihan dalam berasuransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah berikut ini: Pertama, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat Banda Aceh dalam pemilihan Asuransi Jiwa Syariah? Kedua, bagaimana persepsi masyarakat Banda Aceh terhadap asuransi jiwa syariah? dan ketiga, bagaimana pengaruh dan hubungan antara persepsi dengan pemilihan asuransi jiwa syariah? Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai data primer dengan skala likert 1-5, keandalan alat ukur penelitian diuji dengan Cronbach Alpha 0,6 dan metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda dan korelasi dengan menggunakan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas hanya produk, dan religiusitas yang signifikan mempengaruhi masyarakat sedangkan harga, lokasi dan promosi tidak signifikan berpengaruh dalam keputusan pemilihan Asuransi Jiwa Syariah di Banda Aceh. Jadi persepsi masyarakat tentang produk dan religiusitas adalah yang utama, hal ini dapat dilihat pengaruh dan hubungan antara persepsi dengan pemilihan Asuransi Jiwa Syariah sebesar 77,4 persen.

Kata Kunci: produk, harga, loksi, promosi, dan religiusitas.


Keywords


product, price, place, promotion, and religiousness

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim.

Ahmad Ibnu Hajar al-Asqolani, Fathul Bari: Nashrul Kutub Islamiyah, vol 12, Lahore, Pakistan, 1981

Amin Kuneifi Alfachmi , Analisis Pengaruh Latar Belakang Religiusitas, tingkat Sosial Ekonomi dan Rasionalitas terhadap Kepuasan serta Loyalitas Nasabah BNI Syariah cabang Malang, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2013

Augusty, Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2006

Basu Swastha, Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Liberty, 2001

Biro Perasuransian Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, 2012

Bert Pederson, Presiden Direktur PT.Sun Life Financial Indonesia (Republika.co.id, Rabu, 01 Mei 2012)

D.Ancok dan F.Suroso, Psikologi Islam: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar; 1994

Engel, James F., Roger D. Blackwell, dan Paul W. Miniard, 1993. Consumer Behavior. 7th Edition. et.al, Fort Wort: The Dryden Press, 2001.

Fuad Nashori dan Rachmy Diana Mucharam, Perspektif Psikologi Islami, Yogyakarta: Menara Kudus, 2001

Ghozali, Imam, Pengujian Data dengan Menggunakan Asumsi Klasik dan Analisis Regresi Linier Berganda, Jakarta: Gramedia, 2001

¬¬¬_____________ Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, cet.IV, Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, Semarang, 2005

Gujarati, Uji Asumsi Klasik: Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga, 1999

Kinnear, Thomas C., Kenneth L. Benhardt, ds Kathleen A. Krentler. Principles of Marketing. 4th Edition, HarperCollins Publisher, New York, 1995.

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Pasal 246

Kotler Philip, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 9th Edition, (New Jersey: Prentice Hall International, Inc., Upper Saddle River, 1997

Kotler Philip, Gary Armstrong,...Alih, Prinsip-prinsip Pemasaran, jilid II, edisi VIII, Jakarta: Erlangga, 2001

Mark R. Greene. Life and Health Insurance Companies as Financial Institutions, LOMA, 1984

Muhammad Fuad Abdul Baqi, Shahih Muslim, terj. Akhyar As-Shiddiq Muhsin, jilid 3 hadits no.1532, cet. 1, Jakarta: Pustaka as-Sunnah, Juli 2010

Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Nunnally, 1967 dalam Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, 2001

Rangkuti, Pengukuran dan anlisa data, Cet.3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

RikzaMaulan: seputarasuransi.blogspot.com/2008_09_01_archive.html, Sekretaris Dewan Pengawas Syariah PT. Syarikat Takaful Indonesia, 2008

R. Bambang Budhijana, dalam jurnal yang berjudul: Pemanfaatan Analytical Network Process (ANP) dalam Manajemen Strategi Differensiasi Marketing Mix (product, price, place, promotion=4P) pada Asuransi Jiwa Syariah/Takaful di Indonesia, Jakarta: Staf pengajar UNTAR, 2012

Robert I, Mehr. Life Insurance Theory and Practice, Publication Inc, 1985

Schiffman, Leon G., Leslie Lazar Kanuk, Consumer Behavior. 6th Edition. New Jersey: Prentice Hal International Inc, 1997

Setiawan Nugraha, Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya, (Bandung: Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, 2007

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2004

Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Pertama, Cetakan Keduabelas, Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Sukardi, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Bumi Aksara, 2003

Teuku Aliyansyah, Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Aceh Syariah cabang Banda Aceh, Banda Aceh: Program Magister Manajemen, Program Pascasarjana-Universitas Syiah Kuala, 2012

Thomas, Patrick. Dalam M.M Billah, Principles and Practices of Takaful and Insurance Compared, Malaysia: International Islamic University, 2001

Thorik Gunara, Utus Hardiono Sudibyo, Marketing Muhammad:”Strategi Bisnis Nabi Muhammad dalam Memenangkan Persaingan Pasar”, Cet. 1, Bandung: Maret 2006

Undang-Undang Republik Indonesia No.2 Tahun 1992, tentang Usaha Perasuransian, pasal 1, ayat 1.

Yayan Fauzi, Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menabung di Perbankan Syariah: kasus pada BNI Syariah cabang Yogyakarta, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2010




DOI: https://doi.org/10.24815/jped.v4i1.10928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam



___________________________________________________________

Published by:

Islamic Economics Department collaborated with IAEI DPW Aceh
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
ISSN: 2502-6976, E-ISSN: 2580-6297

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter VIEW JPED STATS

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.