PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENABUNG SERTA DAMPAKNNYA KEPADA KEPUTUSAN MENABUNG PADA PERBANKAN SYARIAH DI BANDA ACEH

Syahriyal Syahriyal

Abstract


 Abstract: 

This study aims to determine the effect of the value perception, and knowledge of the community on the interest of saving as well as its impact on saving decisions in the Islamic banks in Banda Aceh. This research was conducted in the city of Banda Aceh. The object of research is the saving society in Islamic banks in Banda Aceh 155 respondents. This study used the SEM analysis model using AMOS sofware.Direct influence between independent variables that exist in this research that perception value (X1) of the dependent variable, namely Decision saving (Z), is smaller than its influence through an intervening variable interest when saving (Y). The direct effect between X and Z is 0.060. While its indirect effect through the larger Y is 0.1008. Direct influence between independent variables Knowledge (X2) on the dependent variable, namely Decision saving (Z), is smaller than its influence through an intervening variable interest when saving (Y). The direct effect between X and Z is 0.220. While its indirect effect through the larger Y is 0.4536. Due to the direct effect is smaller than the indirect effect that memalui mediating variable is the variable interest savings, then the variable interest savings also called partial intervening variables. It is said partial intervening, because this variable minimize the influence of independent variables on the dependent variable.

Keywords: Perception of value, Knowledge, saving interest and Saving decision


Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi nilai, dan pengetahuan masyarakat terhadap minat menabung serta dampaknya terhadap keputusan menabung pada perbankan syariah di Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di Kota Banda Aceh. Objek penelitian adalah mayarakat yang menabung pada bank syariah di Kota Banda Aceh dan yang menjadi sampel sebanyak 155 responden. Penelitian ini memakai model analisis SEM AMOS. Pengaruh langsung antara variabel independent yang ada pada penelitian ini yaitu Persepsi nilai (X1) terhadap variabel dependent yaitu Keputusan menabung (Z), lebih kecil dibandingkan pengaruh nya bila melalui variabel intervening Minat menabung (Y). Pengaruh langsung antara X dan Z adalah 0,060. Sedangkan pengaruh tidak langsung nya yang melalui Y lebih besar yaitu 0,1008. Pengaruh langsung antara variabel independent Pengetahuan (X2) terhadap variabel dependent yaitu Keputusan menabung (Z), lebih kecil dibandingkan pengaruh nya bila melalui variabel intervening Minat menabung (Y). Pengaruh langsung antara X dan Z adalah 0,220. Sedangkan pengaruh tidak langsung nya yang melalui Y lebih besar yaitu 0,4536. Karena pengaruh langsung lebih kecil dari pengaruh tidak langsung yang memalui variabel mediating yaitu variabel minat menabung, maka variabel minat menabung disebut juga dengan variabel partial intervening. Dikatakan partial intervening, karena variabel ini memperkecil pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent.

Kata Kunci: Persepsi nilai, Pengetahuan, Minat menabung dan Keputusan menabung.

 


Keywords


Perception of value, Knowledge, saving interest and Saving decision

Full Text:

PDF

References


a. Buku

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prinsip Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Cetakan Kesembilan, PT Rineka Cipta Jakarta.

Bilson Simamora (2004) Riset Pemasaran (Falsafah, teori dan aplikasi), cetakan pertama, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Foster, Dennis L. (2000) Sales and Marketing : for the travel professional, edisi pertama cetakan I, edisi bahasa Indonesia, penerjemah : Tri Budhi Sastrio, penerbit PT. garamedia Pustaka Utama, Jakarta

Freddy Rangkuti (2005) Marketing Analysis Made Easy (teknik analisis pemasaran dan analisis kasus menggunakan excel dan spss), cetakan pertama, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ferdinand, Augusty. (2006). “Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen : Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis, Magister & Disertasi Doktor”. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Gozali (2001) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, edisi pertama, Semaran

Istijianto, (2005) Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kotler, Philipndan Armstrong, Gary (2007), Manajemen Pemasaran, edisi Melenium, alih bahasa: Damos Sihombing, penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Garry Amstrong (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan Edisi ke-11. PT. Index, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Notoatmojo. 2003. Pengantar Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi offset.

Mowen, John C. dan Minor, Michael (2004) Perilaku Konsumen, Edisi kelima jilid 1 dan 2, alih bahasa : Lina Salim, penerbit Erlangga, Jakarta

Suliyanto (2006) Metode Riset Bisnis, penerbit Andi, Yogyakarta

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk (2007) Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh Bahasa Indonesia, Indeks, Jakarta.

Santoso (2000), SPSS, Mengolah data Statistik Secara Profesional, Alex Medin Komputindo

Umar Husen (2003) Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, penerbit Ghalia, Jakarta

b. Jurnal

Amer Sohail(2014) Perception of Individual Consumers toward Islamic Banking Products and Services in Pakistan. Journal of Poverty, Investment and Development - An Open Access International Journal Vol.5

Abdul Aziz Abdullah (2012) Perception of Non-Muslims Customers towards Islamic Banks in Malaysia. International Journal of and Social Science Vol. 3 No. 11

Arifatun Nisak,(2012) Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan tentang Perbankan Syari’ah terhada Minat Menabung di Perbankan Syari’ah Semaran, FISIP UNDIP, Vol. 7.

Adiwarman A. Karim (2006)”Islamic Banking Consumer Behaviour in Indonesia: A Qualitative Approach” rincipal Consultant, KARIM Consulting. Plaza DM 18 floor, Jl Jendral Sudirman Kav 25, Jakarta 12920, Indonesia

Ergec Etem Hakan, (2011)” Impact of Interest Rates on Islamic and Conventional Banks: The Case of Turkey” MPRA Paper No. 29848, posted 4. April 2011 06:17

Irfan Djedovic(2012) Islamic Banking with a Closer Look at Bosnia and Herzegovina: Knowledge, Perceptions and Decisive Factors for Choosing Islamic Bankin, Internasional Conference on and Finance

Indah Mustikawati (2013) Pengaruh Persepsi nasabah tentang tingkat suku bunga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah, Vol.II. No.I

Lidya Erika, (2012) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kualitas pelayanan nasabah Bank DKI Cabang Utama Djuanda, Jurnal Nominal Vol.II No.1

.

Norafifah Ahmad (2004)” )” The Effects of Conventional Interest Rates and Rate of Profit on Funds Deposited With Islamic Banking System in Malaysia”, International Journal of Islamic Financial Services Vol. 1 No.4

Mark Loo, (2010) “Attitudes and Perceptions towards Islamic Banking among Muslims and Non-Muslims in Malaysia: Implications for Marketing to Baby Boomers and X-Generation”. International Journal of Arts and Sciences 3(13): 453-485 (2010) CD-ROM. ISSN: 1944-6934 © International Journal.

Muhammad Nafik (2012)” Measuring Islamic Compliance on The Moderating Effects of Islamic Knowledge Level and The Relationship Between Trust and Loyalty Intention” The 2012 International Conference on and Management 6 – 7 September 2012, Phuket – Thailand

Rina Ani Sapariyah, (2007) Persepsi Nasabah dan Karyawan perbankan terhadap perbankan Syari’ah sebagai lembaga Keuangan dalam Perspektif Islam, Jurnal Manajemen Syari’ah Volume 10, No. 3 hlm 45-63.

Shanmugam Munuswamy (2012) Islamic Finance in India: A Study on the Perception of College Teachers in Chennai. Internasional Conference on and Finance

Salamah Wahyuni(2012)” Knowledge as an Antecedent Variable of Intention to Use Islamic Banking Product” Faculty of Social and Political Science, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Wiwiek Rabiatul Adawiyah (2010), Pertimbangan, Pengetahuan dan sikap konsumen individu terhadap bank syari’ah. Jurnal Ekonomi PembangunanVolume 11, Nomor 2, hlm.191-201

Zarehan Selamat, (2011) ”Attitude and Patronage Factors of Bank Customers in Malaysia: Muslim and non-Muslim Views” Journal of , Banking and Finance, 98 Vol. 8 No. 4, Oct - Dec 2011.




DOI: https://doi.org/10.24815/jped.v4i1.10930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam



___________________________________________________________

Published by:

Islamic Economics Department collaborated with IAEI DPW Aceh
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
ISSN: 2502-6976, E-ISSN: 2580-6297

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter VIEW JPED STATS

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.