PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENJAKES DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI DAN SWASTA KOTA BANDA ACEH

. Rahmania

Abstract


Peningkatan mutu pembelajaran di sekolah sangat tergantung pada peran guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. Guru sebagai pengajar berperan aktif dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dan mempersiapkan kelengkapan administrasi guru. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sangat penting, kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar sangat dibutuhkan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus penelitian adalah terkait dengan penggunaan model Problem Based Learning dalam Musyawarh Guru Mata Pelajaran untuk kalangan guru Penjakes di SMP Negeri dan Swasta Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari  dua kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru SMP Negeri dan Swasta Kota Banda Aceh yang berjumlah 20 guru terdiri dari 12 guru laki-laki dan 8 guru perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3(dua) bulan yaitu bulan Januari sampai Maret 2014. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui pembinaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri dan Swasta Kota Banda Aceh

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13170/jp.8.2.2159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________

This work  is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).

Creative Commons License