ANALISIS PENGARUH IKLIM LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DAYAH BERBASIS LONG- LIFE LEARNING DI ACEH

Nuriman Abdullah

Abstract


Penelitian ini mengalisis dampak iklim lingkungan dayah (pesantren) terhadap motivasi, sikap, dan nilai pembelajaran long-life learning (pembelajaran sepanjang hayat) para santri pada dayah di Aceh. Untuk menjawab tujuan penelitian ini, pembelajaran teori Albert Bandura telah diadopsi. Penelitian ini menggunakan metode qualitative-descriptive. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik snowball sampling dengan mengadakan depth interview dan datanya dianalisis dengan pengkodean (coding) dan triangulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim lingkungan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi, sikap dan nilai pembelajaran long-life learning para santri. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat dua jenis motivasi belajar santri, yaitu bentuk motivasi horizontal dan motivasi vertical. Ini menunjukkan bahwa motivasi santri ditentukan oleh faktor internal dan eksternal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13170/jp.8.2.2160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________

This work  is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).

Creative Commons License